SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

New York–Otoritas Federal Amerika Serikat berhasil mengidentifikasi pria pengemudi mobil berisi bom yang nyaris meledak di Times Square New York, Sabtu (1/5) malam waktu setempat atau Minggu (2/5) pagi WIB. Pria tersebut berasal dari Pakistan.

Hal itu dikemukakan oleh petinggi Federal yang menolak menyebut nama untuk kepentingan investigasi, Selasa (4/5). “Pria itu dari Pakistan yang mendapat kewarganegaraan naturalisasi AS,” ujarnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pejabat itu menyebutkan lelaki yang tinggal di Connecticut itu baru kembali dari kampung halamannya. “Dia lalu membeli SUV Nissan Pathfinder keluaran 1993 tiga pekan lalu secara kas, namun tidak pakai dokumen formal,” katanya.

Investigator melacak jejak rekam pria tersebut, termasuk kemungkinan kontak dengan kelompok di luar AS. “Ada kemungkinan mereka mengikuti jaringan internasional, tapi kami masih perlu menyelidiki banyak hal,” kata sumber tersebut.

Investigasi kini ditangani Joint Terrorism Task Force, yang berada di bawah Departemen Kehakiman.

Pada Sabtu (1/5) pukul 18.30 waktu setempat lalu, kepolisian New York dihebohkan laporan mobil yang mengeluarkan asap dan berbau mesiu. Mobil itu terparkir di Times Square, kawasan pertokoan terpadat di kota tersebut.

Polisi langsung memerintahkan evakuasi beberapa blok dari tempat SUV itu terparkir, di West 45th Street, dekat Seventh Avenue. Lewat tengah malam, Kepala Kepolisian New York Raymond Kelly mengatakan mobil itu berisi bom yang terbuat dari bensin, propane, mercon, fertilizer, kabel-kabel dan jam weker.

Sehari kemudian Taliban di Pakistan mengklaim berada di balik pengeboman yang gagal itu.

tempointeraktif/ tiw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya