SOLOPOS.COM - Ilustrasi pembangunan perumahan (JIBI/Bisnis Indonesia/Andi Rambe)

Ilustrasi pembangunan perumahan (JIBI/Bisnis Indonesia/Andi Rambe)

Kanalsemarang.com, SEMARANG – Pengembang perumahan mengaku kesulitan mengejar angka kekurangan (backlog) rumah sederhana karena keterbatasan tanah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Harga tanah terus meningkat, padahal harga rumah sederhana di Jawa Tengah hanya di kisaran Rp118 juta,” ujar Wakil Ketua REI Jateng bidang tata ruang Joko Santoso seperti dikutip Antara, Jumat (19/9/2014).

Pihaknya berharap Pemerintah lebih kooperatif dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh para pengembang perumahan.

“Paling tidak Pemerintah bisa membantu pengembang perumahan dalam menyediakan lahan, karena jujur saja para pengembang kesulitan memperoleh harga tanah yang sesuai dengan harga jual rumah sebesar Rp118 juta tersebut,” jelasnya.

Joko mengatakan, Pemerintah sudah seharusnya membantu karena program rumah sederhana melalui fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) tersebut merupakan program Pemerintah.

“Harapan saya ada sinergi antara Pemerintah dengan pengembang, tentu tujuannya untuk menyukseskan program FLPP ini,” jelasnya.

Sementara itu, karena kesulitan memperoleh harga tanah yang sesuai dengan harga jual rumah, saat ini banyak pengembang perumahan yang mengerem pembangunan rumah sederhana.

“Melihat kondisi saat ini kami merasa pesimis target 10 ribu pembangunan rumah sederhana selama tahun ini akan tercapai,” jelasnya.

Sebelumnya, Ketua REI Jateng MR Priyanto mengatakan, hingga selama semester satu tahun ini jumlah rumah sederhana yang terbangun mencapai 3.000 unit.

“Kalau memang tidak bisa memenuhi target 10.000 unit tersebut harapan kami paling tidak bisa mendekati target awal tersebut,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya