SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Stipram menjadi kampus ketiga yang mengembangkan laboratorium lapangan untuk mendukung proses pembelajaran.

Harianjogja.com, SLEMAN – Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarukmo (Stipram) tengah membangun sebuah laboratorium lapangan atau techknopark di kawasan Kaliurang, Sleman.

Promosi Bukan Mission Impossible, Garuda!

Di antara 105 perguruan tinggi swasta (PTS) di Jogja, Stipram menjadi kampus ketiga yang mengembangkan laboratorium lapangan untuk mendukung proses pembelajaran para mahasiswanya. Dua kampus lain yang mengembangkan technopark adalah Amikom dan Instiper.

Amikom mengembangkan laboratorium tentang studio perfilman. Kemudian Instiper mengembangkan laboratorium lapangan bidang pertanian Di Ungaran, Jawa Tengah.

Ketua STIPRAM Suhendroyono mengungkapkan, nantinya technopark tersebut juga memiliki sejumlah kamar seperti halnya sebuah hotel. Dengan begitu, para mahasiswa Stipram bisa secara nyata mengaplikasikan teori di kampus lewat praktek langsung di technopark tersebut.

“Di laboratorium ini juga ada 34 kamar yang bisa dimanfaatkan para tamu untuk menginap. Di sini para mahasiswa bisa menerapkan secara nyata teori tentang seluk beluk perhotelan,” papar Suhendroyono kepada wartawan, Senin (30/11/2016).

Tidak hanya bisa diakses para mahasiswa internal Stipram saja, technopark tersebut juga diharapkan bisa menjadi sarana belajar masyarakat sekitar. Sasaran yang juga ingin dicapai adalah menularkan pengetahuan pengelolaan perhotelan secara profesional kepada pengelola-pengelola penginapan di kawasan itu.

“Masyarakat boleh kok datang ke sini untuk mengetahui pengelolaan hotel secara profesional yang berstandar internasional,” jelas Suhendroyono.

Wujud nyata bakti masyarakat pun sudah dilakukan beberapa waktu lalu. Ketika itu Stipram mengajari masyarakat sekitar membuat roti yang sering dihidangkan di hotel-hotel berbintang.

Laboratorium lapangan itu berdiri di atas lahan seluas 2800 meter persegi. Letaknya tidak jauh dari Taman Wisata Kaliurang. Pembangunan sebenarnya sudah berlangsung sejak Februari lalu. Kini pembangunan sudah dalam tahap akhir penyelesaian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya