SOLOPOS.COM - Kapal Pinisi melintas di perairan Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, Sabtu (23/7/2022). (Antara/Indrianto Eko Suwarso)

Solopos.com, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan pengembangan lima destinasi pariwisata superprioritas (DPSP) tuntas pada triwulan III 2024.

Kelima DPSP yang tengah dikebut pengembangannya yaitu Danau Toba di Sumatera Utara, Borobudur di Jawa Tengah, Mandalika di Nusa Tenggara Barat, Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur, dan Likupang di Sulawesi Utara.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

“Kami mau semua lima DPSP selesai pada kuartal III 2024. Jadi, kita dari sekarang evaluasi semua. Tadi, dari hasil pembicaraan kita ada Menteri Bappenas, Menteri Pariwisata, dan Menteri PAN-RB, kita tuntaskan,” katanya dalam konferensi pers usai menghadiri Rapat Koordinasi 5 DPSP yang dipantau secara daring di Jakarta seperti dilansir Antara, Rabu (21/12/2022).

Menurut dia penyelesaian pengembangan lima DPSP masih membutuhkan tambahan anggaran sebesar Rp15 triliun. Anggaran tersebut nantinya akan dibagi dalam dua tahun mendatang. “Saya pikir dengan keuangan tadi mestinya sih tidak ada masalah,” imbuhnya.

Luhut juga menegaskan fokus utama untuk mendorong pariwisata di dalam, termasuk mendorong pergerakan wisatawan nusantara (wisnus). Ia mengaku tidak ingin kelompok kelas menengah menghabiskan uang mereka untuk berlibur ke luar negeri.

Baca Juga: Luhut Sebut OTT Tak Bagus, KPK: Jangan Disalahartikan

“Kita jangan bertumpu pada pariwisata luar negeri karena kelas menengah kita kan naik sekarang, jadi kalau kita bisa kembalikan segera wisata dalam negeri ini lebih banyak daripada waktu sebelum Covid-19, saya kira itu sudah pencapaian yang besar,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, mengatakan tambahan anggaran sebesar Rp15 triliun itu diharapkan bisa membantu merampungkan seluruh pembangunan di lima DPSP. “Tambahan anggaran yang diperlukan ada Rp15 triliun, kita harapkan ini bisa dalam dua tahun untuk merampungkan seluruh kegiatan yang kita lakukan di lima DPSP,” katanya.

Sandi juga menyebut tahun depan ditargetkan ada 1,2-1,4 juta pergerakan wisnus. Oleh karena itu, pihaknya akan meningkatkan lebih banyak acara dan kegiatan pariwisata untuk mendongkrak kunjungan wisatawan. Salah satunya yaitu dengan perhelatan olah raga air F1H2O di Danau Toba pada Februari 2023 mendatang. “Kita harapkan jadi pemicu dan pemacu wisnus,” katanya.

Baca Juga: Komentar Luhut soal OTT KPK: Jelek Banget, Sedikit-sedikit Tangkap

Sandi juga berharap target penciptaan lapangan kerja di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif bisa bertambah 4,4 juta dengan koordinasi lintas kementerian/lembaga. “Tadi disampaikan juga beberapa inovasi oleh Pak Anas (Menteri PAN-RB), dan dukungan Pak Harso (Menteri PPN/Bappenas). Kita harapkan nanti jumlah lapangan kerja yang diciptakan oleh pariwisata dan ekonomi kreatif ini bisa mencapai 4,4 juta dengan beberapa koordinasi lintas kementerian,” katanya.

Turut hadir dalam konferensi pers Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya