SOLOPOS.COM - Pemulung dan petugas kebersihan pembawa gerobak beraktivitas di TPS Jurug di Jebres Solo, Senin (26/6/2017). (Irawan Sapto Adhi/JIBI/Solopos)

TPM mobile libur selama Lebaran.

Solopos.com, SOLO — Sampah menumpuk di tempat pembuangan sampah sementara (TPS) di tepi Jl. K.H. Dewantoro, Jurug, Kecamatan Jebres, Solo, Senin (26/6/2017). Kondisi itu terjadi karena TPS mobile libur beroperasi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Salah seorang petugas kebersihan pembawa gerobak Kelurahan Jebres, Joko, menyebut operasional TPS mobile di Kelurahan Jebres libur sejak Sabtu (24/6/2017) dan direncanakan baru kembali jalan pada Kamis (28/6/2017) mendatang.

Ekspedisi Mudik 2024

Dia mengatakan, petugas kebersihan pembawa gerobak otomatis tidak bisa menitipkan sampah ke TPS mobil untuk dibuang ke tempat pembuangan sampah akhir (TPA) Putri Cempo, Kelurahan Mojosongo.

“Kami enggak bisa buang sampah ke mobil. Petugasnya sedang libur. Terpaksa kami yang mengoperasikan gerobak membuang sampah ke sini [TPS Jurug]. Mau bagaimana lagi? Warga bisa protes jika sampah mereka tidak segera diambil dari rumah” kata Joko saat ditemui  di TPS Jurug, Senin (26/6/2017).

Seorang pemulung di TPS Jurug, Lasno, menyebut TPS Jurug sempat dijaga petugas linmas agar tidak ada lagi masyarakat yang membuang sampah di TPS tersebut. Namun, menurut dia, keberadaan petugas linmas yang berjaga di TPS Jurug hanya sementara.

Lasno menyampaikan, masyarakat masih leluasa membuang sampah di TPS Jurug. Sedangkan petugas kebersihan pembawa gerobak, dia bersaksi, banyak yang tidak lagi membuang sampah ke TPS Jurug sejak sebelum Ramadan.

Diwawancarai sebelumnya, Kasi Pengelolaan Sampah DLH Solo, Muhamad Pramujo, mengatakan DLH akan menerapkan sistem sif kerja bagi petugas kebersihan.

Dia menyebut, separuh petugas kebersihan akan bekerja saat hari libur pertama Lebaran. Separuh petugas lainnya berangkat saat hari libur kedua Lebaran. Pramujo menyebut petugas kebersihan yang mengelola TPS mobile di setiap kelurahan juga akan dikerahkan selama libur Lebaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya