PENGELOLAAN SAMPAH KLATEN : Warga Hentikan Pembuangan Sampah ke Karangdukuh, Ini Alasannya

 Warga memblokir akses kendaraan pengangkut sampah masuk ke tempat pembuangan akhir (TPA) Jomboran, Klaten, Sabtu (7/2/2015). Pemblokiran dilakukan sebagai buntut kekesalan warga terkait sikap Pemkab setempat yang tak kunjung menutup TPA. (Taufiq Sidik Prakoso/JIBI/Solopos)

SOLOPOS.COM - Warga memblokir akses kendaraan pengangkut sampah masuk ke tempat pembuangan akhir (TPA) Jomboran, Klaten, Sabtu (7/2/2015). Pemblokiran dilakukan sebagai buntut kekesalan warga terkait sikap Pemkab setempat yang tak kunjung menutup TPA. (Taufiq Sidik Prakoso/JIBI/Solopos)

Pengelolaan sampah Klaten, warga menghentikan pembuangan sampah di Karangdukuh.

Solopos.com, KLATEN–Aktivitas pembuangan sampah ke Desa Karangdukuh, Kecamatan Jogonalan dihentikan. Hal itu menyusul protes warga yang tak menghendaki kampung mereka menjadi lokasi pembuangan sampah.

Protes warga itu diwujudkan dengan memblokade akses kendaraan pengangkut sampah, Senin (25/4/2016). Warga memasang bambu di jalan akses masuk ke lokasi pembuangan di Dukuh Keringan. Pemblokiran itu menyebabkan jalan hanya bisa dilintasi sepeda motor. Warga juga memasang spanduk bertuliskan warga tolak pembuangan sampah. Ungkapan penolakan pembuangan sampah juga diekspresikan melalui tulisan di badan jalan. Di lokasi pemblokiran ada sekitar lima pemuda yang duduk sembari bercengkerama.

Sementara, lokasi pembuangan sampah sekitar 100 meter dari akses jalan yang ditutup warga. Lahan yang digunakan untuk pembuangan sampah berupa lahan tergenang air dan berada di tepi perlintasan kereta api. Lahan itu berdampingan dengan sawah serta lahan dimanfaatkan untuk pembuatan batu batu.

Salah satu warga, Purwadi, 35, menjelaskan tiga kendaraan yang sempat menuju ke lokasi diminta untuk kembali. Sebelum lahan itu menjadi lokasi pembuangan sampah, Purwadi mengatakan tidak ada sosialisasi ke warga setempat. Lokasi pembuangan dinilai tak layak lantaran dekat permukiman warga. Kawasan permukiman di Dukuh Keringan hanya berjarak sekitar 100 meter dari lahan yang digunakan untuk pembuangan sampah.

Sementara, penjelasan ke warga terkait pembuangan sampah di lahan tersebut dilakukan saat digelar pertemuan pada Minggu (24/4/2016) malam atau sekitar sepekan setelah aktivitas pembuangan sampah dilakukan. “Kami khawatir kegiatan pembuangan sampah itu mencemari lingkungan termasuk air warga. Sebelumnya memang tidak ada pembicaraan dengan warga, sama sekali tidak ada,” katanya saat ditemui di lokasi.

Purwadi mengatakan selama tiga hari terakhir warga mulai merasakan dampak dari pembuangan sampah itu. “Bau sampah mulai sampai ke permukiman. Lalat-lalat juga berterbangan di rumah warga. Akses jalan juga mulai rusak. Sebenarnya warga tidak masalah kalau ada pendekatan dengan terlebih dahulu untuk membicarakan dampak negatif. Bagaimana pemrosesan sampahnya dilakukan secara profesional dengan sampah dipilah dulu. Kalau yang ini sampah anorganik seperti plastik juga ikut dibuang. Padahal itu susah terurai,” urai dia.

Kepala Desa Karangdukuh, Iriyanto, membenarkan pada Minggu malam ada pertemuan warga membahas pembuangan sampah ke Desa Karangdukuh. Ia mengatakan sudah berkoordinasi dengan DPU dan ESDM Klaten. Dari koordinasi itu pembuangan sampah dihentikan.

“Ini sudah ada jawaban dan dipastikan mulai hari ini tidak ada lagi kegiatan pembuangan sampah. Jadi, aktivitas pembuangan sampah sudah ditutup,” kata dia.

Iriyanto mengatakan pembuangan sampah ke lahan di Karangdukuh berasal dari niatan pemilik lahan. Pemilik berinisiatif mengajukan lahan miliknya ke DPU dan ESDM dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah. “Ada permohonan dari pemilik lahan ke DPU dan ESDM. Setelah negosiasi, dari pemilik minta rekomendasi ke kepala desa. Jadi, jangan salah informasi. Warga saya datang ke sendiri ke DPU dan ESDM karena lahannya sudah menjadi rawa seperti itu. Itu satu tahun untuk uji coba, kalau berhasil dilanjutkan, kalau enggak ya sudah. Ternyata, baru sepekan sudah bergejolak,” urai dia.

Terkait sosialisasi ke warga, Iriyanto menjelaskan sebelumnya sudah memberikan tugas itu ke pemilik lahan. “Sebetulnya kan sudah saya berikan tugas. Karena yang punya kepentingan pemilik lahan. Sudah saya persilakan untuk sosialisasi ke RT/RW dan tokoh masyarakat. Ternyata, pemilik lahan baru sosialisasi ke kelompok taninya,” katanya.

Sementara itu, pemilik lahan, Suradi, 75, mengatakan pengajuan lahan miliknya seluas 2.750 meter persegi guna disewa selama setahun untuk pembuangan sampah lantaran selama ini lahan tak produktif. “Kondisi lahan itu tergenang air sudah bertahun-tahun sehingga tidak bisa ditanami. Dulu memang sempat mau dibuang, tetapi ternyata tidak berhasil. Kemudian saya ada ide coba ke DPU menawarkan secara lisan. Setelah disurvei ditindaklanjuti. Karena ada gejolak, ya dihentikan. Kalau kelanjutannya seperti apa, saya juga belum tahu,” urai dia.

Kabid Kebersihan dan Pertamanan DPU dan ESDM Klaten, Anwar Shodiq, belum bisa memberikan keterangan terkait protes pembuangan sampah ke Karangdukuh. Ia menjelaskan masih melakukan rapat koordinasi guna mencari solusi terkait persoalan tersebut.

Lahan milik warga di Desa Karangdukuh menjadi lokasi alternatif pembuangan sampah di Klaten setelah pembuangan sampah ke TPA di Desa Joho berakhir. Pemanfaatan lahan untuk pembuangan sampah itu dilakukan dengan sewa senilai Rp25 juta/tahun.

Berita Terkait

Espos Premium

Akhirnya Indonesia Pilih Kapal Perang Baru Desain Inggris

Akhirnya Indonesia Pilih Kapal Perang Baru Desain Inggris

Indonesia membeli lisensi desain kapal perang jenis frigat yang akan dibuat oleh PT PAL di Surabaya. Desain yang dipilih adalah Arrowhead 140 dari Babcock, Inggris, yang berbobot lebih dari 5.000 ton dan akan menjadi kapal frigat terbesar Indonesia.

Berita Terkini

Ella Skin Care Menginspirasi melalui 1.000 Serum

Ella Skin Care dengan produknya Matcha Sebo Control Serum mengatasi masalah jerawat yanpa efek samping.

Silaturahmi ke Kediaman Habib Luthfi Pekalongan, Airlangga: Beliau Orang Tua Kita

Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar) Airlangga Hartarto sowan ke kediaman Maulana Al-Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya atau Habib Luthfi.

Viral Pelajar SMA Jadi MUA, Hasil Riasannya Bikin Kaget Warganet

Seorang pelajar SMA yang diketahui bernama Desi menjadi sorotan karena keterampilannya jadi MUA. 

Potensi Pendapatan Rp42 Triliun, Ini 5 Fakta Merger Indosat dan Tri

Induk PT Indosat Tbk., Ooredoo Q.P.S.C., dan induk PT Hutchison 3 Indonesia, CK Hutchison Holdings Limited resmi bergabung atau merger.

Tak Hanya White Tiger, Monstera Variegata Marble Juga Jadi Primadona, Harganya Rp3 Juta per Daun

Petani dan pedagang tanaman hias di lereng Gunung Lawu ini menyebut bukan hanya Monstera White Tiger yang sedang hits. Dia menyebut Monstera Variegata Marble juga menjadi primadona.

Tak Cuma Dapat Bantuan Uang Buat Ngontrak, Sekeluarga Tidur di Wedangan Kartasura Juga Dapat Motor

Sekeluarga yang tidur dikolong meja di wedangan di Kartasura, Sukoharjo, mendapat bantuan senilai Rp32.650.000. Bantuan itu kemudian diwujudkan dalam bentuk motor, uang kontrakan, dan sebagainya.

118,36 Juta Dosis Telah Disuntikkan, Pemerintah Terus Upayakan Akselerasi Vaksinasi

Akselerasi vaksinasi baik dalam hal distribusi maupun pelaksanaannya terus dilakukan Pemerintah.

Para Penyanyi Tanah Air Ini Pernah Alami Insiden Memalukan di Panggung

Berbagai insiden memalukan yang dialami para penyanyi ini saat tampil di panggung adalah terjungkal hingga kostum melorot.

Akhirnya Indonesia Pilih Kapal Perang Baru Desain Inggris

Indonesia membeli lisensi desain kapal perang jenis frigat yang akan dibuat oleh PT PAL di Surabaya. Desain yang dipilih adalah Arrowhead 140 dari Babcock, Inggris, yang berbobot lebih dari 5.000 ton dan akan menjadi kapal frigat terbesar Indonesia.

Bikin Penasaran! Wisata Curug Sirawe Batang Tawarkan Pesona Aliran Air Panas dan Dingin Terjun Bersama

Wisata Curug Sirawer Batang memiliki keunikan yakni curug air panas yang bersuhu tinggi dan satu curug bersuhu sangat dingin mengucur bersamaan.

Prediksi PSIS Vs Perisraja: Paulo Henrique Jadi Ancaman Mahesa Jenar

PSIS Semarang akan tampil penuh motivasi melawan Persiraja Banda Aceh menyusul hasil positif yang mereka raih di dua laga sebelumnya.

Pakai Brand Louis Vuitton, Item Fashion Luna Maya Jadi Sorotan Warganet

Luna Maya diketahui mengenakan item fashion keluaran Louis Vuitton saat berpose dengan latar belakang jalanan New York City, Amerika Serikat.

Tsunami akibat Gempa Megathrust Mengancam, 7 dari 8 EWS di Kulonprogo Malah Rusak

Tujuh dari delapan sistem peringatan dini di pantai selatan Kulonprogo rusak. Padahal ancaman gempa megathrust yang berpotensi tsunami membayangi.

Indosat dan Tri Merger, Potensi Pendapatan Rp42 Triliun

Indosat dan Tri merger dan akan hadir dengan perusahaan bernama PT Indosat Ooredoo Hutchison Tbk.

Dapat Donasi Rp32 Juta, Sekeluarga yang Tidur di Kolong Meja Wedangan Kartasura Bakal Ngontrak

Sekeluarga yang tidur dikolong meja di wedangan di Kartasura, Sukoharjo, bakal dicarikan kontrakan setelah mendapat bantuan senmilai Rp32.650.000.