SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Pengelolaan sampah Klaten mendapat bantuan hibah dari Jerman.

Solopos.com, KLATEN – Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Energi Sumber Daya Mineral (DPU dan ESDM) Klaten, Abdul Mursyid, memastikan bakal mendapat bantuan terkait pengelolaan sampah dari Jerman. Bantuan hibah ditaksir mencapai Rp150 miliar.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Klaten menjadi salah satu dari tujuh kabupaten/kota di Indonesia yang mendapat bantuan hibah pengelolaan sampah tersebut. Dalam waktu dekat, perwakilan Pemkab Klaten bakal diundang ke Jerman guna mengikuti pelatihan terkait penanggulangan sampah. “Akomodasi dibiayai Jerman,” jelas dia saat ditemui di Kompleks Setda Klaten, Kamis (26/3/2015).

Bantuan hibah yang diterima berupa sarana dan prasrana meliputi bangunan, alat pemrosesan sampah, angkutan, serta alat berat. Sementara Pemkab diminta menyediakan lahan guna penerapan teknologi tersebut. Pemkab juga menjamin teknologi yang dikembangkan tak bakal menyebabkan polusi berupa bau.

Terkait pembebasan lahan di wilayah Troketon, Kecamatan Pedan, untuk pembangunan TPA, Mursyid menegaskan akan terus dilakukan meski ada protes warga. Pembebasan lahan masih dalam tahap penaksiran harga oleh tim independen. Dana ganti rugi menggunakan dana dari APBD Perubahan.

“Dengan masyarakat sudah deal. Sertifikat tanah sudah mereka serahkan ke kepala desa. Kami tinggal menunggu kesepakatan harga. Dari hasil appraisal berapa, kemauan penduduk berapa, dimusyawarahkan kemudian dibayar melalui penganggaran di APBD Perubahan,” ujar dia terkait pengelolaan sampah di Klaten.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya