PENGELOLAAN SAMPAH KLATEN : Belasan Warga Troketon Siap Jual Lahan untuk TPA Sampah

 Warga memblokir akses kendaraan pengangkut sampah masuk ke tempat pembuangan akhir (TPA) Jomboran, Klaten, Sabtu (7/2/2015). Pemblokiran dilakukan sebagai buntut kekesalan warga terkait sikap Pemkab setempat yang tak kunjung menutup TPA. (Taufiq Sidik Prakoso/JIBI/Solopos)

SOLOPOS.COM - Warga memblokir akses kendaraan pengangkut sampah masuk ke tempat pembuangan akhir (TPA) Jomboran, Klaten, Sabtu (7/2/2015). Pemblokiran dilakukan sebagai buntut kekesalan warga terkait sikap Pemkab setempat yang tak kunjung menutup TPA. (Taufiq Sidik Prakoso/JIBI/Solopos)

Pengelolaan sampah Klaten terkendala kondisi TPA di Jomborann yang overload. Pemkab kini menaksir nilai jual lahan milik warga untuk dibangun TPA baru di Troketon, Pedan.

Solopos.com, KLATEN – Tempat pembuangan akhir (TPA) sampah di Desa Jomboran, Kecamatan Klaten Tengah, Klaten, kondisinya overload. Pemkab Klaten pun menaksir nilai jual tanah di lokasi yang akan dibangun TPA baru di wilayah Desa Troketon, Kecamatan Pedan.

Sertifikat sejumlah warga yang setuju untuk dibeli pemkab juga sudah diserahkan ke Dinas Pekerjaan Umum dan Energi Sumber Daya Mineral (DPU dan ESDM).

Kepala Desa Troketon, Sunaryo, menerangkan sekitar 13 warga menyatakan kesediaan untuk menjual lahan mereka. Total luas lahan milik belasan warga tersebut 1,35 hektare (ha).

“Mereka sudah bersedia untuk menjual tanah. Yang jelas, kami tidak mengintimidasi,” jelas Sunaryo saat ditemui di kantor Kecamatan Pedan, Senin (9/3/2015).

Lahan tersebut berada di kawasan bekas proyek galian C. Lokasinya dipastikan jauh dari permukiman warga Desa Troketon serta desa lainnya yang berbatasan dengan wilayah tersebut yakni Desa Kaligawe.

Selain itu, lokasi tanah yang bakal dibeli sudah tak terikat kontrak dengan pengusaha galian C. “Jaraknya dari permukiman Troketon sekitar 1 km. Untuk Kaligawe juga sekitar itu,” ujar da.

Terkait proses pembelian lahan tersebut, Sunaryo menjelaskan pemerintah desa tak ikut campur dalam perundingan harga. Warga membahas tawar menawar harga tanah langsung dengan DPU dan ESDM Klaten.

Dikonfirmasi sebelumnya, Kepala DPU dan ESDM Klaten, Abdul Mursyid, menjelaskan sejumlah warga di wilayah Troketon bersedia jika tanah mereka dibeli pemkab untuk dibangun TPA.

Saat ini, pembelian tanah itu masih dalam proses appraisal untuk menentukan harga tanah. “Kalau harga sudah selesai, tinggal dibayar,” ujar dia.

Berita Terkait

Berita Terkini

Litto Kantongi Surat Kesesuaian Tata Ruang, Begini Sikap DPRD Bantul

DPRD Bantul akan meminta kejelasan dan duduk perkara, terkait berdirinya hotel dan restoran Little Tokyo di RT 5 Gunung Cilik, Muntuk, Dlingo, Bantul, yang diduga belum mengantongi izin.

Profil Ika Masriana, Tiktoker yang Di-bully Gegara Tanda Lahir di Wajah

Berikut profil tiktoker Ika Masriana yang di-bully lantaran memiliki tanda lahir di wajahnya dan pernah disebut mirip monyet.

Tukul Arwana, Si Raja Duit yang Doyan Oseng Kangkung

Komedian Tukul Arwana merupakan salah satu artis terkaya di Indonesia yang hidup sederhana.

BKSDA Evakuasi Buaya dari Penangkaran Terbengkalai

Diperkirakan berjumlah antara 25-30 ekor dari penangkaran buaya

Rasa Teh di Solo Ternikmat No Debat, Sepakat?

Teh ginastel di Kota Solo yang diracik dengan mengoplos berbagai merek merupakan sajian kuliner khas ternikmat, sepakat?

Pengambilan Api Abadi PON XX Papua

Api abadi dibawa menggunakan lentera yang didesain seperti alat musik Tifa khas Papua

Melihat Bayangan Seperti Makhluk Gaib di CCTV, Warga Wonogiri Trauma

Kamera pengintai atau closed circuit television (CCTV) yang terpasang di rumah pengusaha properti di Wonogiri merekam bayangan hitam.

Rumah Kamera Borobudur, Bisa Swafoto Bersama ‘Presiden Jokowi’ Hlo!

Di Rumah Kamera ini, pengunjung bisa dengan leluasa berswafoto dengan Presiden Ri yang akrab disapa dengan Jokowi ini dalam bentuk replika yang terlihat seperti sosok presiden yang nyata.

Meninggal di Balap World Supersport 300, Ini Sosok Dean Berta Vinales

Dean Berta Vinales, meninggal dalam usia 15 tahun setelah mengalami kecelakaan saat tampil dalam balap motor Supersport 300 di Sirkuit Jerez, Spanyo.

Dyah Hayuning Pratiwi, Bupati Purbalingga Keturunan Raja Mataram

Bupati Tiwi adalah keturunan dari Kyai Arsantaka yang bernama kecil Arsakusuma, pendiri Kabupaten Pubalingga sekaligus leluhur raja-raja Mataram Islam.

Kaesang Sebut Duit Bapaknya Sedikit, Sering Minta Dibelikan Makanan

Kaesang Pangarep menyebut gaji bapaknya sebagai Presiden RI lebih kecil daripada penghasilannya sebagai pengusaha.

The Sunan Hotel Solo Raih Penghargaan Tourism & Creative Award 2021

The Sunan Hotel Solo berhasil meraih penghargaan Silver Champion dari ajang Planet Tourism Indonesia Award 2021 kategori Industry.

Harga Motor Pak Bhabin di Solo Hampir Samai Honda Beat

Harga motor Honda C70 alias Pitung yang dipakai pemeran Pak Bhabin dalam serial Polisi Motret hampir samai harga Honda Beat baru.

Sambil Nglarisi Bakul, Bupati Sukoharjo Sosialisasi Prokes

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani memiliki cara tersendiri untuk menyosialisasikan protokol kesehatan kepada pedagang di pasar tradisional.

Jos! Vaksinasi Covid-19 di Desa Sidomulyo Boyolali Capai 75%

Warga Desa Sidomulyo, Kecamatan Ampel, Boyolali, antusias dalam mengikuti vaksinasi Covid-19. Hal itu terbukti dengan capaian vaksinasi yang menembus angka 75%.