SOLOPOS.COM - Petugas kebersihan memilah sampah plastik di Tempat Pembuangan Sementara (TPS) Jurug, Jebres, Solo, Rabu (6/4/2016). Pemkot Solo akan menutup TPS Jurug pada tahun ini untuk pelaksanaan program penataan lingkungan. (Ivanovich Aldino/JIBI/Solopos)

Pemerintah kabupaten Gunungkidul berusaha untuk mencari solusi salah satunya dengan menambah ketersediaan bank sampah.

 

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

 

Ekspedisi Mudik 2024

Harianjogja.com, WONOSARI-Persoalan sampah di Gunungkidul masih menjadi hal yang belum dapat diselesaikan secara tuntas. Pasalnya, kesadaran masyarakat untuk mengelola sampah pun masih rendah. Oleh karena itu, pemerintah kabupaten Gunungkidul berusaha untuk mencari solusi salah satunya dengan menambah ketersediaan bank sampah.

Kepala Kantor Pengendalian Dampak Lingkungan (Kapedal) Gunungkidul, Irawan Jatmiko mengungkapkan saat ini masyarakat masih banyak yang menerapkan sistem bakar sampah. Padahal menurutnya, asap yang dihasilkan dari proses pembakaran sampah akan berdampak tak ramah pada lingkungan.

“Masyarakat, terutama di pedesaan masih melakukan sistem pembakaran, padahal tidak baik bagi lingkungan,” kata dia Kamis (28/4/2016).

Saat ini di Gunungkidul sendiri sampah yang masih banyak dihasilkan masyarakat ialah sampah dedaunan yang masih dapat diantisipasi dengan pembuatan kompos. Namun seiring berkembangnya pariwisata di Gunungkidul, terutama untuk wisata pantai wisatawan banyak yang masih meniggalkan sampah plastik. Oleh karena itu, beberapa waktu kedepan ia akan berencana untuk membangun tempat pembuangan akhir di beberapa titik di Gunungungkidul, terutama di wilayah selatan dekat pantai. Selain itu ia juga berupaya untuk menambah jumlah bank sampah di Gunungkidul, kelompok pengelola sampah pun kini telah banyak yang terbentuk.

“Kelompok pengelola samapah sudah ada sekitar 13 kelompok, sedangkan untuk bank sampah ada lima, kami targetkan menjadi 15,” kata dia.

Sejauh ini sampah masih banyak dan sulit dikendalikan di temapt-tempat wisata. Ia berencana dalam setiap kecamatan dapat memiliki setidaknya satu bank sampah dan kelompok pengelola sampah. Sehingga pengelolaan sampah dapat dilakukan secara maksimal.(Mayang Nova Lestari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya