PENGELOLAAN PARKIR SOLO: Dishub Solo Wacanakan Lagi Pembangunan Gedung Parkir, Ini Alasannya

Dishub Solo wacanakan gedung parkir.

Solopos.com, SOLO—Banyaknya pemilik usaha memanfaatkan badan jalan sebagai tempat parkir membuat Dinas Perhubungan (Dishub) kembali mewacanakan pembangunan gedung parkir di Solo. Namun, untuk merealisasikan pembangunan gedung parkir Dishub Solo menunggu revisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Solo 2018.

“Kami sebenarnya sudah memiliki rencana membangun gedung parkir di Kota Solo tepatnya di kawasan Kota Barat Jl. dr. Moewardi. Rencana itu tertunda akibat terganjal aturan RTRW,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Perparkiran Dishub Solo M. Usman kepada wartawan, Selasa (6/3/2018).

Usman menjelaskan menyediakan lahan parkir yang layak di Kota Solo merupakan tanggung jawab Pemkot Solo. Dishub tidak ingin membebankan semua lahan parkir kepada pemilik usaha. Pemilik tempat usaha menjadi bagian penting untuk menghidupkan ekonomi Kota Bengawan. (baca juga: PENGELOLAAN PARKIR SOLO : Tiga Gedung Parkir Batal Dibangun)

“Kami mendapatkan angin segar terkait rencana pembangunan gedung parkir di Solo. Pemkot dan DPRD Solo sekarang sedang menggodok revisi RTRW. Dishub juga berharap DPRD menyetujui anggaran pembanguna gedung parkir,” kata dia.

Pemkot Solo kesulitan menambah infrastruktur jalan di Kota Solo. Sementara jumlah kendaraan selalu setiap tahunnya. Dishub mendata jumlah kendaraan yang masuk Solo naik dua kali lipat pada akhir pekan serta libur panjang. Kebanyakan kendaraan yang masuk Solo dibawa warga yang menikmati makan. Mereka memarkir kendaraan di pinggir jalan.

“Kami berharap pembangunan gedung parkir segera terealisasi agar tidak ada lagi kendaraan parkir di pinggir jalan,” kata dia.

Kasi Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Solo Sriyanto menjelaskan tidak mudah untuk memanfaatkan sungai yang ditutup untuk lahan parkir khususnya di samping SMAN 7 Solo. DPUPR akan melaporkan ke Pemkot Solo terkait keinginan pelaku usaha di Jl. Bhayangkara Tipes yang ingin memanfaatkan sungai yang ditutup sebagai lahan parkir.

“Kami setuju dengan Dishub terkait rencana pembangunan gedung parkir di Solo. Gedung parkir bisa dijadikan solusi agar kendaraan tidak parkir di badan jalan,” jelasnya.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho