SOLOPOS.COM - Warga antre menerima dana stimulan untuk usaha kecil dan menengah (UKM) dari dana pembangunan kelurahan (DPK) yang dibagikan oleh Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Purwodiningratan di pendapa Kelurahan Purwodiningratan, Kecamatan Jebres, Solo, Jumat (8/9/2017). (Ivan Andimuhtarom/JIBI/Solopos)

Dana bantuan untuk UKM di Purwodiningratan Solo disalurkan.

Solopos.com, SOLO — Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Purwodiningratan, Kecamatan Jebres, Solo, membagikan dana stimulan untuk usaha kecil dan menengah (UKM) dari dana pembangunan kelurahan (DPK) di pendapa kelurahan setempat, Jumat (8/9/2017).

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Ketua LPMK Purwodiningratan, Agus Cahyono, 58, mengatakan dana stimulan diberikan kepada 92 orang yang berada di 10 RW. Masing-masing pelaku UKM mendapat Rp250.000.

“Memang stimulan yang kami berikan relatif sedikit. Tujuan kami memancing mereka dan menambah sedikit modal,” ujarnya, Jumat.

Menurut dia, stimulan itu diambil dari pencairan DPK tahap I. Tahun ini Purwodiningratan mendapat anggaran senilai total Rp255.390.000.

“Pencairan DPK agak terkendala karena kami membuat sistem pengajuan anggaran melalui proposal. Pelaku UKM yang mendapat stimulan juga harus masuk data keluarga miskin [gakin],” kata dia.

Salah seorang penerima dana stimulan, Supriyani, 46, mengatakan sudah tiga kali mendapat dana sejenis dari LPMK. Menurutnya, walau kecil, dana itu bisa membantu usahanya mengelola wedangan dan katering.

“Tahun lalu dapatnya Rp190.000. Tahun ini Rp250.000,” kata dia saat ditemui seusai menerima dana stimulan, Jumat.

Penerima lainnya, Misro Edi Hartono, 52, mengatakan dana itu bisa dipakai untuk tambahan modal. Penjual minuman susu segar itu berharap usahanya makin membesar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya