Pengelola Mal Soloraya Berharap Anak 12 Tahun ke Bawah Boleh Masuk

Pengelola mal di Soloraya berharap ada kelonggaran terutama untuk anak di bawah 12 tahun boleh masuk mal seiring turunnya kasus Covid-19.

 Food and beverage Solo Grand Mall mulai buka kembali seusai status PPKM Solo turun menjadi Level 3. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Food and beverage Solo Grand Mall mulai buka kembali seusai status PPKM Solo turun menjadi Level 3. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Pengelola mal dan pusat perbelanjaan Soloraya berharap pemerintah daerah melonggarkan aturan batasan pengunjung seiring dengan membaiknya kondisi pandemi Covid-19.

Dalam hal ini, manajemen telah menerapkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 secara ketat serta menyediakan QR code untuk skrining pengunjung menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Public Relations Solo Grand Mall (SGM), Ni Wayan Ratrina, mengatakan kebijakan pemerintah pusat yang memperbolehkan anak usia di bawah 12 tahun masuk mal di beberapa daerah bisa juga diterapkan di Solo.

“Harapan kami anak usia 12 tahun ke bawah boleh masuk mal. Bagaimana pun mal layak untuk dikunjungi di masa pandemi ini, baik untuk orang tua, anak-anak, dan ibu hamil,” ujarnya kepada Solopos.com, Selasa (21/9/2021).

Baca Juga: Asyik! Anak di Bawah 12 Tahun Boleh Masuk TSTJ dan Balekambang Solo

Ina menjelaskan manajemen mal telah terbukti menerapkan secara ketat prokes pencegahan Covid-19 sejak awal pandemi tahun lalu di Soloraya. Hal ini tercermin mulai dari pintu masuk harus cek suhu badan, penyediaan wastafel untuk cuci tangan, serta hand sanitizer di sejumlah tempat.

Jaga jarak juga diberlakukan di beberapa area termasuk pengurangan tempat duduk di food court, dan lain-lain. Manajemen juga secara rutin membersihkan area publik dengan penyemprotan cairan disinfektan.

Belum lagi penerapan skrining pengunjung dan karyawan dengan aplikasi PeduliLindungi. “Penerapan prokes di mal jangan diragukan dan dikhawatirkan lagi. Kami menjaga prokes itu nomor satu. Harapan kami pemerintah melonggarkan aturan,” imbuhnya.

Baca Juga: Siapa Pun Penguasa Baru Mangkunegaran, Ini Harapan Pegiat Sejarah-Budaya Solo

SE Wali Kota Solo

Merujuk Surat Edaran (SE) Wali Kota Solo nomor 067/3028 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 Covid-19 di Kota Solo yang terbit pada Selasa (21/9/2021), pusat perbelanjaan atau mal diizinkan beroperasi 50% dari pukul 10.00 WIB-20.00 WIB.

Dalam SE itu diatur kewajiban menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk skrining pengunjung. Kendati begitu, pengunjung dengan usia di bawah 12 tahun dan di atas 70 tahun masih dilarang masuk mal.

Public Relations The Park Mall, Christina Tri Mawarti, menambahkan masih menunggu kebijakan lanjutan dari pemerintah daerah.

Baca Juga: Pemkot Solo Terbitkan SE Pertandingan Sepak Bola Liga 1 dan 2 di Stadion Manahan, Begini Aturannya

Sementara ini, manajemen masih menerapkan aturan batasan pengunjung tertentu yang boleh masuk mal. Syaratnya, yakni telah mendapatkan vaksinasi minimal dosis pertama.

“Kalau soal anak di bawah 12 tahun yang boleh masuk mal itu baru diuji coba di daerah lain. Meskipun aturannya menjadi rancu juga karena masuk harus pakai aplikasi PeduliLindungi dan vaksin, kalau anak-anak nanti bagaimana,” paparnya.

Sementara itu berdasarkan SE yang sama, anak di bawah 12 tahun diperbolehkan masuk dua tempat wisata yang sudah diizinkan buka selama PPKM level 3. Kedua tempat wisata itu yakni Taman Balekambang dan Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ).


Berita Terkait

Berita Terkini

Akan Berusia 76 Tahun, Ini Keinginan Terpendam Ratu Keroncong Solo

Waldjinah akan genap berusia 76 tahun pada 7 November 2021 mendatang. Oleh anaknya Waldjinah tak boleh lagi bernyanyi untuk komersial.

Wow! 2 Arca Ditemukan di Candi Sirih Sukoharjo

Tim peneliti Balai Arkeologi Yogyakarta menemukan arca wisnu dan arca agastya saat proses eksvakasi lanjutan di situs bersejarah Candi Sirih Sukoharjo.

Pamsimas Gagal, Warga Tiga Desa di Sragen Alami Krisis Air Bersih

Tiga Desa di tiga Kecamatan di Sragen alami krisis air bersih karena kekeringan. Mereka mengandalkan bantuan air bersih dari Pemkab Sragen untuk mencukupi kebutuhan air bersih.

Rektor ISI Surakarta Mewisuda 278 Mahasiswa pada Gelombang II 2021

Rektor ISI Surakarta, I Nyoman Sukerna, mewisuda 278 orang mahasiswa lulusan program sarjana, magister, dan doktor pada Jumat (15/10/2021).

Minibus Angkut 8 Penumpang Asal Demak Ngglondor di Matesih

Tak kuat menanjak di jalur menuju Candi Sukuh, minibus yang mengangkut rombongan dari Demak ngglondor dan terguling.

Kisah Beras Delanggu yang Kini Tinggal Nama

Beras Delanggu kini tinggal nama brand. Tidak ada petani di Delanggu, Klaten, yang menanam beras raja lele yang dikenal pulen dan enak.

Sayangkan Komentar Rudy Soal Celeng, Dencis: Seharusnya Menyejukkan

Wakil Ketua DPD PDIP Jawa Tengah (Jateng), Denny Nurcahyanto, menilai pernyataan Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo, memperkerus suasana.

Kata Dencis Soal Sanksi Kader yang Dukung Ganjar Pranowo

Wakil Ketua DPD PDIP Jateng, Denny Nurcahyanto, menyebut pihaknya tak berhak memberikan sanksi bagi kader yang melanggar instruksi partai.

Rem Blong, Mobil 5 Penumpang Nyungsep ke Parit di Tawangmangu

Mobil Honda Mobilio hilang kendali dan nyungsep di parit setelah diduga mengalami rem blong di Tawangmangu. Beruntung, tidak ada korban jiwa.

Dilantik, Asproksi Jateng Komitmen Pasarkan Produk Kesehatan Lokal

Pengurus Asosiasi Produk Kesehatan Indonesia Standar Internasional (Asproksi) Jateng dilantik. Mereka berkomitmen untuk mendukung pemasaran produk kesehatan lokal.

Hari Pangan Sedunia, Perpadi Bagikan Beras Gratis ke Warga Delanggu

DPC Perpadi Klaten membagikan 800 paket beras secara gratis kepada warga terdampak pandemi Covid-19 di Kecamatan Delanggu, Sabtu (16/10/2021) sebagai rangkaian memperingati Hari Pangan Sedunia.

3 Desa di Sukoharjo Gelar Pilkades Antarwaktu, Ini Tahapannya

Ketiga desa yang melaksanakan pilkades antarwaktu yakni Desa Gedangan di Kecamatan Grogol, Desa Trosemi di Gatak, dan Desa Puhgogor di Bendosari.

Geger, Pengunjung Meninggal Saat Belanja di Pasar Jungke Karanganyar

Seorang warga Tasikmadu, Karanganyar, meninggal mendadak saat berbelanja di Pasar Jungke. Korban sempat terjatuh sebelum meninggal dunia.

Sabar Dulu, Pengumuman Hasil Ujian SKD CPNS Sukoharjo Tunggu Ini

Ujian SKD CPNS Sukoharjo sudah selesai dilaksanakan, namun terkait jadwal pengumuman masih menunggu informasi lebih lanjut dari panitia pusat.

Siap-siap! Ada Pemadaman Listrik di Boyolali Hari Ini (16/10/2021)

Berikut jadwal pemadaman listrik di Boyolali hari ini, Sabtu (16/10/2021) yang berlangsung selama lima jam. Ini daerah yang terdampak.

Aturan Baru! Jagong dan Berwisata di Sukoharjo Syaratnya Sudah Vaksin

Pemkab Sukoharjo mensyaratkan wajib sudah divaksin bagi warga yang hendak menggelar dan menghadiri hajatan serta masuk ke tempat wisata.