SOLOPOS.COM - KENYAMANAN CALHAJ—Pengelola Asrama Haji Donohudan (AHD) membangun selasar di dalam kompleks AHD sebagai langkah untuk memberikan kenyamanan bagi Calhaj sebelum diberangkatkan melalui Embarkasi Solo ke Jeddah, Arab Saudi. Foto diambil Rabu (28/9/2011).(JIBI/SOLOPOS/Ahmad Mufid Aryono)

KENYAMANAN CALHAJ—Pengelola Asrama Haji Donohudan (AHD) membangun selasar di dalam kompleks AHD sebagai langkah untuk memberikan kenyamanan bagi Calhaj sebelum diberangkatkan melalui Embarkasi Solo ke Jeddah, Arab Saudi. Foto diambil Rabu (28/9/2011).(JIBI/SOLOPOS/Ahmad Mufid Aryono)

Boyolali (Solopos.com)-Pengelola Asrama Haji Donohudan (AHD) telah menyiapkan tenaga tambahan yang mencapai 200 orang yang bertugas di sejumlah titik atau kawasan di AHD untuk memberikan kenyamanan bagi jemaah calon haji (Calhaj) yang akan berangkat melalui Embarkasi Solo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kaur Sarana dan Prasarana AHD, Budiharjo Muljo Wibowo, mengatakan tenaga tambahan itu bertugas di sejumlah titik, antara lain untuk bidang kebersihan asrama, kebersihan di luar kamar Calhaj, bidang kelistrikan, air dan beberapa tenaga lainnya. “Mereka nantinya akan melayani para Calhaj demi kenyamanan selama 24 jam berada di AHD, sebelum diberangkatkan ke Jeddah, Arab Saudi,” ujarnya kepada Espos, Rabu (28/9/2011).

Budiharjo menambahkan para tenaga musiman itu mulai bekerja, Kamis (29/9/2011) bersama seluruh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) di AHD.

Tenaga itu, jelas Budiharjo, akan mengecek seluruh sudut di asrama yang digunakan Calhaj menginap. Selain itu, tenaga itu juga akan melakukan perbaikan jika ada permasalahan selama para Calhaj berada di asrama. “Ada tenaga yang khusus mengurusi masalah air dan sanitasi. Jika ada kebocoran air atau kekurangan, tenaga itu siap membantu untuk memerbaiki kerusakan yang ada,” papar dia.

Selain itu, imbuh Budiharjo, pihak pengelola juga telah menyiapkan kebutuhan air bersih bagi para Calhaj. Tandon air di AHD,  jelas Budiharjo, berkapasitas 180.000 liter. “Maksimal penggunaan air bersih pada saat puncak pemakaian sekitar 90.000 liter. Dengan adanya tandon itu masih mencukupi kebutuhan air bersih bagi para Calhaj,” papar dia.

Selain itu, jika kebutuhan air bersih itu mengalami kendala, pihaknya telah berkoordinasi dengan PDAM untuk penyediaan air bersih. “Kami juga menyiapkan dua kontainer sampah untuk menampung sampah di AHD selama pelaksanaan haji tahun ini. Kontainer itu juga dilengkapi dengan satu unit truk sampah yang tiap hari minimal akan membuang satu kontainer sampah dari AHD,” papar dia.

Selain persiapan sarana bagi Calhaj, pengelola AHD, imbuh Budiharjo juga telah memasang sejumlah selasar atau peneduh bagi para Calhaj agar lebih nyaman dari panasnya terik matahari. Selasar itu, jelas Budiharjo, dibangun antara gedung Mekkah dan Madinah serta di beberapa titik lainnya.

(fid)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya