SOLOPOS.COM - Pasangan pengantin di Banyumas, Jawa Tengah menyanyikan lagu Indonesia Raya guna memperingati Hari Kebangkitan Nasional di sela-sela prosesi akad nikah, Kamis (20/5/2021). (Instagram @ganjar_pranowo)

Solopos.com, PURWOKERTO — Imbauan Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, kepada masyarakan untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya saat peringatan Hari Kebangkitan Nasional, Kamis (20/5/2021), mendapat respons positif dari warga. Bahkan, pasangan pengantin di Banyumas bahkan rela menunda akad nikah demi menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Sejumlah warga menghentikan aktivitas sejenak untuk menyanyikan lagu kebangsaan pada pukul 10.00 WIB. Bukan hanya yang tengah bekerja di perkantoran, mal, angkutan umum, bahkan pasangan pengantin yang sedang menjalani prosesi akad nikah itu pun turut menghentikan sejenak aktivitasnya untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya saat peringatan Hari Kebangkitan Nasional itu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Seperti video yang diunggah akun Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo di Instagram. Dalam video berdurasi 1 menit 58 detik itu terlihat sepasang pengantin yang menggunakan busana serba putih menunda prosesi akad nikah.

Baca Juga: Tak Henti Jubir Jelaskan Bipang Ambawang Presiden

Pasangan itu pun tampak berdiri tegap dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Tak hanya pengantin, petugas KUA dan keluarga mempelai turut menyanyi Indonesia Raya. "Indonesia Raya sebelum akad nikah," tulis akun Ganjar Pranowo di Instagram, @ganjar_pranowo.

Video itu langsung mendapat respons dari para netizen. Bahkan, video itu sudah tayang 95.897 kali dalam kurun waktu tiga jam. "Buat yang nikah, tar anaknya dikasih namanya yang memperingati hari kebangkitan nasional. Pasti keren," respons pengguna akun @AryantoSiahaan.

"Keren abiss, nanti anaknya kasih nama 'Bangkit Nasional," timpal @YusufNusantara.

"Sah! Merdeka!," ucap akun @Im_Human27.

Kompak Berdiri

Selain kedua mempelai, antusiasme warga Jateng menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan sikap sempurna juga terlihat di banyak tempat lain. Di mal Citraland Kota Semarang misalnya, sejumlah karyawan dan pengunjung dengan kompak berdiri dan ikut menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Ada juga penumpang bus Trans Jateng yang berdiri untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya di dalam bus. Juga ada ASN Pemprov Jateng, ASN Kabupaten/Kota di Jateng, pegawai honorer, petugas lapangan dan lainnya semangat menyanyikan lagu kebangsaan itu.

"Saya mengapresiasi respons masyarakat di berbagai tempat yang mau mengikuti gerakan menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama pada Hari Kebangkitan Nasional ini. Saya sudah banyak mendapat banyak kiriman video dan semuanya keren," kata Ganjar.

Baca Juga: Viral Setelah Di-endorse Jokowi, Bipang Bukan Jipang!

Ganjar menambahkan, menyanyikan lagu kebangsaan sebenarnya sudah berjalan sejak lama di Jateng. Misalnya sebelum dimulai apel, lagu-lagu kebangsaan sudah dikumandangkan lebih dulu sambil menunggu kawan-kawan ASN masuk ke barisan apel. Kemudian setiap sore saat hendak pulang juga dikumandangkan lagu Bagimu Negeri.

"Tapi kali ini momentum Kebangkitan Nasional itu kita dorong bersama dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama pada pukul 10.00 WIB. Ternyata responsnya luar biasa bahkan tadi dari Kemenag juga menyampaikan di masjid-masjid siap. Lalu ada kampus juga siap, desa siap, dan perusahaan siap," katanya.

Ganjar berharap momentum Hari Kebangkitan Nasional ini bisa menjadi kekuatan dan spirit untuk bangkit sebagai bangsa besar dan bisa kuat menghadapi pandemi Covid-19.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya