PENGANIAYAAN SOLO : Mensos Terjunkan Tim Dampingi Bocah Disekap Ayah Tiri di Hotel

PENGANIAYAAN SOLO : Mensos Terjunkan Tim Dampingi Bocah Disekap Ayah Tiri di Hotel

SOLOPOS.COM - Idrus Marham (Nurul Hidayat/JIBI/Bisnis)

Penganiayaan Solo, Mensos turut memperhatikan nasib anak balita disekap di hotel Solo.

Solopos.com, JAKARTA -- Menteri Sosial (Mensos) Idrus Marham menginstruksikan kepada Satuan Bakti Pekerja Sosial (Sakti Peksos) untuk melakukan penjangkauan dan pengkajian terhadap PA, 4, anak laki-laki yang disekap oleh ayah tirinya di sebuah penginapan di Solo. Kementerian Sosial juga telah melakukan pendampingan terhadap PA.

"Jadi ada yang namanya Tim Terpadu dari Pusat Layanan Kesejahteraan Sosial Anak Integratif [PLKSAI] di Surakarta [Solo]. Tim ini sudah bergerak cepat bersama kepolisian setempat menangani korban melalui pendampingan sosial dan memastikan hak-hak dasar anak terpenuhi," kata Mensos Idrus Marham di Jakarta, Senin (19/2/2018).

Diberitakan, PA diduga menjadi korban penganiayaan oleh ayah tirinya, Dedi alias Leo Wie Wie. PA ditemukan di salah satu kamar hotel di Jl. R.M. Said, Banjarsari, Solo, dalam kondisi tangan dan kaki terikat serta mulut ditutup lakban, Jumat (16/2/2018).

baca pula:

Bocah Disekap Ayah Tiri di Hotel, Begini Kronologi Pengungkapannya
Sadis! Anak Balita Disiksa Ayah Tiri di Hotel, Tangan dan Kaki Diikat
Ayah Tiri dan Ibu Bocah Balita Disekap Beri Pengakuan Ini kepada Polisi
Dapat Pendampingan Medis dan Psikologis, Begini Kondisi Anak Korban Penyekapan Ayah Tiri

Lebih lanjut, melalui Ditjen Rehabilitasi Sosial, Mensos telah menginstruksikan kepada Sakti Peksos untuk menjangkau PA. Saat ini, lanjut Idrus Marham, PA masih dirawat di rumah sakit di Solo dan terus didampingi Sakti Peksos.

Tim juga tengah mendalami bagaimana pengasuhan PA setelah kasus itu terbongkar. "Apakah kembali ke keluarga atau bagaimana mengingat kekerasan ini dilakukan anggota keluarganya," kata Idrus Marham.

Untuk diketahui, PLKSAI diprakarsai oleh Pemerintah Kota Solo bekerja sama dengan United Nations Children Fund (Unicef) dan Kementerian Sosial Republik Indonesia. Pusat layanan ini didukung oleh Bappenas dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Anggota tim PLKSAI berasal dari satuan kerja terkait seperti Dinsos, Bappeda, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dispendukcapil, Polres, Kodim, dan instansi lainnya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Libur Lebaran, Wisata Grojogan Sewu Karanganyar Diserbu Pengunjung

Jumlah kunjungan wisatawan di sejumlah objek wisata di wilayah Tawangmangu, Karanganyar, termasuk Grojogan Sewu, meroket di momen libur Lebaran, Jumat (14/5/2021).

MotoGP Batalkan Seri Finlandia Gegara Covid-19

FIM, IRTA, dan Dorna Sports membatalkan Grand Prix MotoGP Finlandia tahun ini akibat masih berlangsungnya pandemi Covid-19

Singapura Lockdown, Restoran Hanya Terima Take Away

Pemerintah Singapura mengumumkan lockdown pada pertemuan sosial dan kegiatan publik pada Jumat (14/5/2021).

Pekalongan Diprediksi Tenggelam 15 Tahun Lagi, Ini Sebabnya

Kota Pekalongan di Jawa Tengah diprediksi tenggelam pada 2036 akibat penurunan muka tanah dan naiknya permukaan air laut.

Wisata WGM Wonogiri Tutup, Pengunjung Kecele

Banyak warga yang kecele saat berkunjung ke sejumlah tempat wisata di Wonogiri, termasuk WGM, pada hari kedua Lebaran, Jumat (14/5/2021).

Duh, Pengemis Bawa Kabur Balita Usia 2 Tahun di Sragen

Seorang pengemis perempuan kedapatan membawa kabur seorang balita yang berusia 2 tahun asal Kelurahan Sragen Kulon, Sragen, pada Jumat (14/5/2021). 

Begini Kisah Seleksi Jadi Imam di Uni Emirat Arab

Kemenag melakukan seleksi imam masjid asal Indonesia yang akan diberangkatkan untuk bertugas di wilayah Uni Emirat Arab (UEA).

Melintas di Solo Saat Lebaran, 481 Kendaraan Diperiksa

Sebanyak 481 kendaraan berpelat luar Kota Solo diperiksa saat hari H Lebaran pada Kamis (13/5/2021).

Ketua LHKP-PWM Jateng Sesalkan Pernyataan Ali Mochtar Ngabalin, Desak Minta Maaf

Pernyataan Ali Muktar Ngabalin, Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden terkait Busro Muqodas disesalkan Khafid Sirotudin, Ketua Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik (LHKP) PW Muhammadiyah Jateng.

Bhabinkamtibmas Catat ada 1.241 Pemudik Tiba Sragen

Kebanyakan pemudik tiba di Sragen sebelum larangan mudik Lebaran diberlakukan.

Wuih! Ada Wahana Baru di Gunung Pegat Sukoharjo Loh

Gunung Pegat Sukoharjo kini dilengkapi sejumlah wahana baru.