Tutup Iklan

PENGANIAYAAN SOLO : Dapat Pendampingan Medis dan Psikologis, Begini Kondisi Anak Korban Penyekapan Ayah Tiri

PENGANIAYAAN SOLO : Dapat Pendampingan Medis dan Psikologis, Begini Kondisi Anak Korban Penyekapan Ayah Tiri

SOLOPOS.COM - Polisi menunjukkan dua tersangka penyekap anak balita di hotel, Sabtu (17/2/2018). (Arif Fajar S./JIBI/Solopos)

Kondisi anak balita korban penyekapan oleh ayah tiri kini sudah membaik dan masih menjalani perawatan di RSUD dr. Moewardi Solo.

Solopos.com, SOLO -- PA, 4, korban penyekapan oleh ayah tirinya di salah satu hotel wilayah Banjarsari, Solo, masih dirawat instensif di Rumah Sakit Umum (RSUD) dr. Moewardi, Jebres, Solo. PA mendapatkan pendampingan khusus dari psikolog Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pelayanan Terpadu Perempuan dan Anak Solo (PTPAS).

“Kami memberikan pendampingan kepada PA karena kondisinya sangat memprihatinkan,” ujar anggota PTPAS Solo, Saprastika Sardjono, kepada wartawan di rumah sakit, Minggu (18/2/2018).

Tika menjelaskan selama dirawat di rumah sakit sejak Jumat malam kondisi PA mulai membaik. Tim dokter terus mengawasi ketat perkembangan kesehatan PA. Bahkan dokter memberikan tindakan Ultrasonografi medis (sonografi) yakni sebuah teknik diagnostik menggunakan suara ultra yang digunakan untuk mencitrakan organ internal, otot, dan luka patologi.

Teknik pengobatan ini berguna untuk memeriksa organ dalam. “PA saat disentuh orang merasakan sakit tanpa mengetahui bagian mana yang sakit. Kami bersama dokter menyepakati menggunakan teknik pemeriksaan Ultrasonografi untuk mengecek kondisi tubuh PA,” kata dia.

Baca:

Tim dokter, lanjut dia, hanya melihat luka luar dari tubuh PA pada bagian sekitar alat vital. Luka tersebut diduga ditimbulkan akibat siraman air panas. Selain itu, ada luka lebam di tangan, lengan, dan kakinya. Tim medis belum menemukan luka baru di bagian dalam tubuh.

“Saya selama mendampingi PA di rumah sakit menemukan keanehan saat dokter menyuntikkan jarum di tangan, PA tidak merasakan sakit sama sekali. Normalnya anak seusia PA sudah menangis,” kata dia.

PA, lanjut dia, juga masih kesulitan menggerakkan kedua kakinya untuk berjalan. PA sudah bisa diajak berbicara, tertawa, dan tersenyum. Namun, ketika ditanya soal keluarganya, PA langsung diam dan murung.

“Saya belum memperbolehkan orang baru menemui PA di rumah sakit. PA kalau bertemu orang baru ditemui justru menjadi takut,” kata dia.

Untuk menghilangkan trauma, dia mengajak PA bermain melipat kertas, mewarnai, dan membaca. Selain itu, dia memotivasi PA agar bisa cepat pulih dan bisa kembali bersama teman-temannya.

Kapolsek Banjarsari Kompol I Komang Sarjana mewakili Kapolresta Surakarta Kombes Pol. Ribut Hari Wibowo menjelaskan dua tersangka kasus penganiayaan yakni Dedi, 32 (ayah tiri PA), dan Iwan Winardi, 22 (adik Dedi), masih ditahan di Mapolsek Banjarsari. Polisi masih mengembangkan kasus ini untuk mencari keterlibatan pelaku lain.

“Kami juga berkoordinasi dengan dinas terkait dalam menangani PA. Polsek Banjarsari berharap PA tidak dikembalikan kepada orang tuanya karena bisa memicu kekerasan serupa,” kata dia.

Komang menambahkan kasus ini akan dilimpahkan ke Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polresta Surakarta. Pelimpahan ini dilakukan untuk memudahkan dalam menangani PA karena usianya masih di bawah umur.

Berita Terkait

Berita Terkini

Temui Dubes Palestina, Ketum PBNU: Menurut Al-Qur'an, Israel akan Kalah

Said Aqil mengatakan NU telah menyatakan dukungan kemerdekaan dan kedaulatan Palestina sejak 1938.

Ini 5 Ekses Setuju Kebijakan Baru Privasi Whatsapp

Whatsapp seperti dibahas SAFE net secara resmi menerapkan kebijakan privasi baru mulai Sabtu (15/5/2021) lalu.

Balon Udara Meledak di Delanggu Klaten, Polisi Periksa 6 Orang Saksi

Polisi sudah meminta keterangan dari enam warga Dukuh Krapyak, Desa Sabrang, Delanggu, Klaten, terkait ledakan balon udara dengan petasan,

Pemudik Motor Wajib Rapid Test Antigen Acak saat Balik

Kemenhub bakal mengecek Covid-19 dengan rapid test antigen secara acak terhadap pemudik pengendara sepeda motor yang balik ke Jabodetabek.

Awas Licin! Belasan Sepeda Motor Berjatuhan Di Jalan Seputar Alut Keraton Solo

Belasan sepeda motor mengalami kecelakaan saat melewati jalan yang licin di seputar Alun-Alun Utara Keraton Solo pada Minggu dan Senin.

Gubernur Jateng Minta Seluruh RS Antisipasi Lonjakan Covid-19

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meminta semua rumah sakit di Jateng siaga potensi lonjakan kasus Covid-19 pasca Lebaran 2021.

Tahukah Anda? Tiap Zodiak Punya Bakat Terpendam!

Tahukah Anda, setiap pemilik tanda zodiak memiliki bakat terpendam yang mungkin bermanfaat untuk mengarungi kehidupan manusia.

Viral Pemotor Nyemplung Pantai Jepara, Ternyata Begini Ceritanya

Dalam video berdurasi 16 detik itu memperlihatkan seorang pemotor yang tengah terjebak di pantai.

Polrestabes Semarang Gelar Tes Antigen Acak Pemudik di Simpang Lima

Total ada sekitar 100 kendaraan dari luar daerah yang terjaring operasi Satlantas Polrestabes Semarang di Simpang Lima.

Polri Akui Ratusan Kecelakaan di Puncak Arus Balik Lebaran 2021

Polri serius mencegah warga mudik Idulfitri atau Lebaran 2021, meski demikian Polri mengakui ratusan kecelakaan sepanjang puncak arus balik.

Wisata Kedungombo Dibuka Lagi, Terapkan Prokes Ketat

Seiring selesainya proses pencarian korban perahu terbalik, kemudian wisata Kedungombo dibuka kembali.

Tribun Sinagoge di Tepi Barat Ambruk, 2 Tewas & 100 Terluka

Musibah maut menyeruak di tengah konflik berdarah Israel dan Palestina ketika tribun sebuah sinagoge di Tepi Barat, Palestina ambruk.