Pengangguran Terbuka di Perkotaan Jateng Terus Meningkat
Ilustrasi pencari kerja berjubal di outlet lowongan pekerjaan. (Antara-Aditya Rohman)

Semarangpos.com, SEMARANG — Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Tengah (Jateng) mencatat tingkat pengangguran terbuka di wilayah perkotaan di provinsi ini terus mengalami peningkatan dalam tiga tahun terakhir ini.

Kepala BPS Jateng Sentot Bangun Widoyono mengatakan angka pengangguran provinsi ini hingga Februari 2019 tercatat mencapai 780.000 orang. "Dari jumlah tersebut, tingkat pengangguran terbukanya mencapai 4,22%," ungkapnya di Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa (7/5/2019).

Tingkat pengangguran terbuka di wilayah perkotaan, lanjut dia mencapai 5,43%. Jumlah tersebut meningkat jika di banding tingkat pengangguran terbuka pada Februari 2018 yang mencapai 4,6 persen dan Februari 2017 sebesar 4,43%.

Adapun tingkat penangguran terbuka di wilayah perdesaan hingga Februari 2019 tercatat mencapai 2,99%. Jumlah tersebut justru menurun jika di banding Februari 2018 yang mencapai 3,88%.

Ia menjelaskan tingkat pengangguran terbuka merupakan indikator yang digunakan untuk mengukur penawaran tenaga kerja yang tidak digunakan atau tidak terserap oleh pasar kerja. "Berbagai kebijakan yang disiapkan pemerintah dalam penciptaan lapangan kerja dinilai berhasil menekan tingkat pengangguran. Secara umum tingkat pengangguran terbuka pada Februari 2019 lebih rendah jika di banding periode yang sama tahun lalu," katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom