SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/dok)

Pengangguran Sukoharjo mencapai 25.811 orang pada 2013.

Solopos.com, SUKOHARJO – Jumlah pengangguran terbuka di Sukoharjo hingga 2013 mencapai 25.811 orang. Angka itu meningkat ketimbang tahun sebelumnya yakni 25.590 orang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Memang ada peningkatan jumlah pengangguran sekitar 300 orang dibanding 2012. Namun, dari segi tingkat partisipasi angkatan kerja mengalami peningkatan bahkan tertinggi dibanding daerah lainnya di wilayah Soloraya,” kata Kasubag Program Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Sukoharjo, Sulistyanto, saat ditemui di kantornya, Selasa (25/8/2015).

Menurut dia, lapangan pekerjaan di wilayah Kabupaten Jamu, sebutan lain Sukoharjo, cukup banyak. Hanya, lapangan pekerjaan itu tak dapat menyerap tenaga kerja pada tahun ini.

Sejumlah perusahaan baik penanaman modal asing (PMA) maupun penanaman modal dalam negeri (PMDN) tengah dibangun di Sukoharjo yang dapat menyerap sebanyak 12.455 orang.

“Perusahaan PMA maupun PMDN yang dibangun mulai Januari-Desember 2014 diperkirakan dapat menyerap tenaga kerja hingga 2020,” ujar Sulistyanto.

Mayoritas penganggur merupakan lulusan SMA yang belum mempunyai keterampilan atau skill. Berbeda dengan lulusan SMK yang mempunyai keterampilan di bidangnya masing-masing.

Karena itu, Disnaker menggencarkan program pelatihan kerja bagi lulusan SMA tingkat sederajat. Program pelatihan kerja dilaksanakan di Balai Latihan Kerja (BLK) Sukoharjo. Para peserta pelatihan kerja langsung disalurkan ke perusahaan yang membutuhkan.

Selain itu, pihaknya juga menggelar job fair yang digelar setiap tahun. Tahun ini, job fair dilaksanakan pada April yang mampu menyerap 500 tenaga kerja.

Di sisi lain, seorang pencari kerja asal Kelurahan Jombor, Kecamatan Bendosari, Agus Budiman, 20, mengaku mengincar lowongan pekerjaan di wilayah Soloraya.

“Saya sempat bekerja di bengkel sepeda motor di Solo namun tidak betah. Sekarang masih mencari pekerjaan yang cocok, kalau bisa di sekitar Sukoharjo,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya