SOLOPOS.COM - Pegawai Toko Ganep memperlihatkan paket oleh-oleh khas toko tersebut. Rabu(8/8/2012). (FOTO: Lutfiyah/JIBI/SOLOPOS)

Pegawai Toko Ganep memperlihatkan paket oleh-oleh khas toko tersebut. Rabu(8/8/2012). (FOTO: Lutfiyah/JIBI/SOLOPOS)

Ingin membeli oleh-oleh tapi malas direpotkan dengan barang bawaan? Alasan itu bukan berarti menghancurkan harapan Anda membawa buah tangan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebab, kini banyak alternatif berbelanja oleh-oleh salah satunya dengan belanja online. Sejumlah toko oleh-oleh di Solo saat ini menerapkan sistem belanja online sehingga lebih memudahkan pembeli.

Toko Ganep Solo misalnya memiliki situs belanja online dengan alamat rotiganep.com. Sekali klik, beragam penganan andalan toko tersebut lengkap dengan gambar dan deskripsinya muncul di laman tersebut. Begitu juga dengan harganya juga tertera di masing-masing produk sehingga Anda bisa memperkirakan bujet. Seperti Ganep Smeer Kering 170 gr dalam laman tersebut dibanderol Rp12.600 dan Ganep Semprong Pisang 120 gr dijual Rp13.500.

“Untuk memesan online syaratnya harus daftar menjadi member. Setelah itu bebas memesan dan uangnya tinggal ditransfer, pembeli cukup menunggu di rumah pesanan akan kami kirim,” ujar Marketing Manager Toko Ganep, Emi Yuniawati.

Selain belanja online, belanja langsung ke toko tanpa direpotkan dengan barang belanjaan juga bukan hal mustahil. Sebab, toko tersebut memfasilitasi pengiriman barang belanjaan Anda melalui paket pengiriman. Hanya saja, untuk menikmati fasilitas tersebut Anda perlu merogoh kocek tambahan.

“Intinya kami mengikuti keinginan pembeli. Kalau ada yang tidak mau membawa barang belanja, bisa menggunakan fasilitas paket. Ongkosnya disesuaikan dengan jarak kota tujuan,” imbuh Emi.

Sistem belanja seperti itu juga diterapkan Toko Oleh-oleh Jono di kawasan Pasar Jongke Solo. Pengelola Toko Jono, Mufida, mengatakan saat ini banyak pembeli yang tidak mau direpotkan barang belanjaan.

“Jadi, setelah pembeli memilih belanjaan dan membayar mereka tinggal pulang karena barang belanjaannya nanti kami yang kirim melalui paket ekspedisi,” katanya.

Cara belanja seperti itu, menurut Mufida, banyak dilakukan para pemudik dengan tujuan luar Jawa. Tapi, ada juga yang berasal dari Jakarta dan Bandung. Dia menambahkan, tokonya juga membuka sistem belanja online melalui Facebook dengan alamat Oleh-oleh Khas Solo Bu Jono.

“Kelemahannya ya biaya paket kadang lebih mahal daripada barang belanjaannya. Tapi selama ini pembeli tidak keberatan, mereka malah lebih senang karena jauh lebih mudah dan praktis,” ujar Mufida.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya