SOLOPOS.COM - Seratusan peserta tax amnesty (TA) mengantre di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Solo, Jumat (31/3/2017) malam. (Shoqib Angriawan/JIBI/Solopos)

Pengampunan pajak mencapai Rp1,85 triliun di Kanwil DJP Jateng II.

Solopos.com, SOLO — Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Tengah (Jateng) II mencatat uang tebusan pengampunan pajak atau Tax Amnesty (TA) hingga 31 Maret 2017 mencapai Rp1,85 triliun. Capaian tersebut sudah melebihi target yang ditetapkan senilai Rp1,72 triliun.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Kanwil DJP Jateng II, Rida Handanu, mengaku cukup puas dengan capaian TA. “Kami sudah over target dari yang kami harapkan. Target kami Rp1,72 triliun, tetapi tercapai Rp1,85 triliun. Ternyata pada akhir masih ada yang gede uang tebusannya,” katanya saat dihubungi Solopos.com, Senin (3/4/2017) siang.

Kendati demikian, dari jumlah WP memang belum sesuai harapan. TA kali ini diikuti 35.522 wajib pajak (WP). Jumlah ini hanya sekitar 6% dari total WP yang tercatat aktif melaporkan SPT.

Sementara, Solo menjadi penyumbang uang tebusan terbesar dengan total Rp804,9 miliar. Sedangkan peserta TA mencapai 7.573 WP.
Purworejo menjadi penyumbang uang tebusan paling sedikit di wilayah Kanwil DJP Jateng II dengan Rp24,6 miliar. Uang itu dibayarkan dari 1.433 WP yang mengikuti program TA.

Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Solo, Eko Budi Setyono, mengaku puas dengan capaian TA. “Setelah semua upaya yang dilakukan ya kita harus bersyukur. Paling penting mulai 1 April semua menjadi jauh lebih tertib dan taat pajak,” kata dia.

Sementara, sejak penutupan program TA, kesibukan di DJP Jateng II maupun KPP Solo mulai berkurang. Selain itu juga tidak ada WP yang menyusulkan berkas kekurangan dalam TA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya