SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

WONOGIRI--Divisi Jasa Air dan Sumber Air (ASA) IV Perum Jasa Tirta (PJT) I Wilayah Sungai Bengawan Solo mulai menerjunkan petugas untuk melakukan penyelaman di sekitar intake di kawasan Waduk Gajah Mungkur (WGM), Senin (30/1/2012).

Kepala Divisi Jasa ASA IV PJT I Wilayah Sungai Bengawan Solo, Winarno Susiladi, mengatakan penyelaman untuk mengambil sampah yang ikut terbawa hingga ke waduk tersebut dilakukan selama sepekan mulai Senin (30/1/2012) hingga Sabtu (4/2/2012).

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Saat ini elevasi air sekitar 133 meter di atas permukaan laut (mdpl). Kami melakukan penyelaman itu karena ketinggian air waduk cenderung naik. Sehingga sampah yang ada di kedalaman air harus kami ambil agar tidak mengganggu kinerja turbin milik PLTA,” jelasnya saat dihubungi wartawan, Senin.

Ia menambahkan, ada sekitar 10 orang petugas yang menyelam untuk mengambil sampah di waduk yang berasal dari PJT Solo dan Malang. Penyelaman itu dilakukan pukul 07.00 WIB- 08.00 WIB dan pukul 13.00 WIB-16.00 WIB setiap harinya.

Sebelumnya, pihaknya juga melakukan pengerukan sampah di waduk dengan menggunakan alat berat karena ketinggian air waduk belum mencapai 134 mdpl. Sehingga sampah masih berada di permukaan air waduk. Setelah mencapai ketinggain itu, alat berat tidak bisa menjangkau dasar bendungan.

(JIBI/SOLOPOS/Ayu Abriyani KP)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya