Tutup Iklan

Pengamat Transportasi Solo Sebut Ini Hal Terpenting Dalam Penerapan ETLE

Pengamat transportasi Solo menilai penerapan ETLE penting untuk membangun etika dan kesadaran tertib berlalu lintas yang masih rendah.

 Petugas ETLE mengecek pengguna kendaraan roda empat yang melanggar peraturan lalu lintas di Mako Satlantas Polresta Solo pada Sabtu (20/3/2021). (Solopos.com/Ichsan Kholif Rahman)

SOLOPOS.COM - Petugas ETLE mengecek pengguna kendaraan roda empat yang melanggar peraturan lalu lintas di Mako Satlantas Polresta Solo pada Sabtu (20/3/2021). (Solopos.com/Ichsan Kholif Rahman)

Solopos.com, SOLO -- Pengamat Transportasi Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Syafii, mengapresiasi penerapan sistem electronic traffic law enforcement atau ETLE di Kota Solo.

Menurutnya, penegakan hukum aturan lalu lintas itu sangat penting. Namun hal paling penting dalam penerapan ETLE, yaitu etika masyarakat dalam berlalu lintas.

Syafii menilai etika berlalu lintas masyarakat Solo secara khusus masih rendah. Ia menyoroti pelanggaran lalu lintas berkaitan dengan etika bertransportasi.

Baca Juga: Kisruh Lahan Parkir Solo Balapan: Warga Bertahan, Dirut PT KAI Temui Wali Kota

Etika bertransportasi berarti sebuah kebiasaan yang menghasilkan budaya. Tanpa perlu ETLE pun seharusnya masyarakat Solo dan seluruh Indonesia sudah malu jika melanggar lalu lintas.

Karena itu pula, seiring penerapan ETLE itu, Syafii meminta kepolisian menjalankan aspek edukasi kepada masyarakat tentang etika dan berbudaya tertib berlalu lintas.

“Aspek edukasi bisa dimulai dari anak-anak sudah diajarkan tertib berlalu lintas. Jika diajarkan terus menerus hal itu dapat melekat dan saat berkendara akan beretika,” papar Syafii kepada Solopos.com, Kamis (15/4/2021).

Baca Juga: Kasus Jagal Kartasura, Kakak Ipar Pastikan Keluarga Tak Akan Kunjungi Yulianto Sebelum Eksekusi Mati

Menurutnya, lalu lintas tidak melulu soal law enforcement atau penegakan hukum saja. Namun, memerhatikan pula aspek lain seperti edukasi yang harus sama-sama baik.

Sosialisasi ETLE Solo

Hal itu akan membentuk budaya bertransportasi yang baik pula. Menurutnya, kecelakaan lalu lintas juga berawal dari etika berlalu lintas yang kurang baik.

Membentuk etika bertransportasi untuk orang dewasa dapat dilakukan saat mereka membuat Surat Izin Mengemudi (SIM). “Saya sangat mengapresiasi ETLE di Solo, ini juga membentuk budaya berlalu lintas yang baik. Namun, sosialiasi ETLE juga harus ditingkatkan agar lama-lama menjadi kebiasaan,” imbuhnya.

Baca Juga: Tes GeNose di Terminal Tirtonadi Solo Cuma Sampai Pukul 10.00 WIB Selama Ramadan, Kenapa?

Lebih lanjut, ia menyebut kebiasaan berlalu lintas yang baik dapat berawal dari masyarakat yang takut terkena sanksi ETLE. Sistem ETLE membuat masyarakat tertib berlalu lintas dan itu dapat membuat masyarakat lama-lama terbiasa dan menjadi budaya.

Terpisah, Kasatlantas Polresta Solo Kompol Adhytiawarman Gautama Putra kepada wartawan, Rabu (14/4/2021), mengatakan kepolisian telah menyosialisasikan ETLE melalui media sosial.

Baca Juga: Vaksinasi Covid-19 Warga Lansia Sukoharjo Lanjut Selama Ramadan, Tapi Malam Hari

Menurutnya, informasi yang disampaikan telah sangat mendetail. Ia mengaku siap menyosialisasikan kembali jika dirasa kurang. Kasatlantas juga meminta masyarakat mau membaca dan membagikan informasi kepada rekan atau keluarga.

“Kalau edukasi ke anak-anak terus kami lakukan. Sehari ada dua TK dan SD, memang terbatas pandemi. Beberapa kali juga dilakukan lewat online,” paparnya mewakili Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak.


Berita Terkait

Berita Terkini

Round Up: Misteri Lorong Rahasia Bawah Tanah di Laweyan Solo

Pada masa Kerajaan Pajang, lorong bawah tanah di Laweyan, Solo, itu diperkirakan menjadi jalur distribusi candu.

Unik, Buah Belimbing Milik Warga Wonogiri Ini Berwarna Merah

Buah belimbing berwarna merah itu dibagikan oleh akun Instagram @tani_ndezo pada Sabtu (27/11/2021).

Penting Banget, Percepatan Layanan Deteksi HIV pada Ibu Hamil

Penularan HIV bisa terjadi dari ibu ke anak selama masa kehamilan, persalinan, dan menyusui.

Paling Rentan, Ada 2 Pasien Tuberkulosis-HIV di Wonogiri

Pasien TB-HIV bisa ditangani di Perawatan Dukungan Pengobatan (PDP) melalui 13 puskesmas dan empat rumah sakit di Wonogiri.

UMK Naik Tipis, Ibu Buruh Pabrik di Solo Rela Nyambi Bersihkan Makam

Seorang ibu yang juga buruh pabrik di Solo harus memutar otak supaya penghasilan selama sebulan cukup untuk menutup kebutuhan sehari-hari, salah satunya rela membersihkan makan demi dapat penghasilan tambahan.

Belum Vaksinasi, Sejumlah ODHA di Wonogiri Tak Siap Ditanya Petugas

Sejumlah ODHA yang belum divaksinasi disebabkan belum siap menyampaikan riwayat penyakitnya kepada petugas.

Selamatkan Produksi Kakao, Indonesia Perlu Kemitraan & Industri Kreatif

Pola kemitraan dan penumbuhan industri kreatif olahan biji kakao berpotensi menyelamatkan produksi kakao Indonesia.

Kreatif! PKK Klaten Bikin Video untuk Kampanyekan Vaksin

Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Klaten membuat video kreatif untuk mengedukasi warga terkait pentingnya vaksin.

Seruduk Truk Tronton Parkir di Jalan Solo-Sragen, Bodi Truk Ini Ringsek

Sebuah truk ringsek setelah menyeruduk truk tronton boks yang parkir di jalan Solo-Sragen, tepatnya di depan Warung You Sri, Dukuh Nguwer RT 017, Desa Duyungan, Sidoharjo, Sragen.

Hari Ini Ada Pemeliharaan Jaringan, Listrik Boyolali Padam 3 Jam

Berikut ini jadwal pemadaman dan pemeliharaan listrik oleh PLN di Boyolali hari Kamis, 2 Desember 2021 yang berlangsung tiga jam.

Ada Pemeliharaan Jaringan, Listrik di Sragen Padam 3 Jam

Berikut ini jadwal pemadaman dan pemeliharaan listrik oleh PLN di Sragen hari Kamis, 2 Desember 2021 yang berlangsung tiga jam.

Aplikasi SIRUP Dongkrak Lelang Pengadaan Barang dan Jasa Sukoharjo

Sebanyak 93 persen paket pengadaan barang dan jasa Pemkab Sukoharjo sudah terlelang berkat aplikasi Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan atau SIRUP.

Asyik! Ikut Tes Acak Covid-19, Siswa di Klaten Dapat Doorprize

Satgas Penanganan Covid-19 Kecamatan Wedi menggelar uji petik tes antigen kepada siswa dan guru secara acak.

Reuni 212 bakal Digelar di Plaza Manahan, Kapolresta Solo: Tidak Boleh!

Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak menegaskan akan membubarkan massa yang nekat menggelar Reuni 212 Soloraya di Plaza Manahan maupun tempat terbuka lainnya.

Pembuang Bayi dalam Kardus Di Nguter Sukoharjo Diduga Warga Sekitar

Polisi menduga pelaku pembuang bayi yang ditemukan meninggal dalam kardus di Desa Pondok, Kecamatan Nguter, Sukoharjo, adalah warga sekitar.