Pengamat Sebut Skema Baru Tarif Taksi Online Berpangkal Peraturan Menteri

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Aksi ratusan driver Gocar di Semarang perihal skema baru bonus dan insentif mendapat tanggapan dari pengamat ekonomi asal Jogja, Ardito. Menurutnya, driver masih memiliki kesempatan meningkatkan pendapatan. Apalagi skema baru yang dirilis Gojek sudah mengacu dengan aturan pemerintah yang berlaku.

“Saya pikir dengan adanya kebijakan pemerintah ini, sebuah keniscayaan yang mau tidak mau harus dihadapi oleh profesi apapun, termasuk driver taksi online. Karena perubahan itu pasti ada. Yang kemudian perlu dilakukan adalah dengan adanya perubahan tarif, dengan tarif yang lebih mahal dan dengan jarak yang sama dia akan memperoleh pendapatan yang lebih besar. Tapi di sisi lain bonus-bonus yang selama ini diberikan aplikator akan berkurang karena penyesuaian dengan aturan pemerintah,” katanya.

Sebagaimana dikutip Kantor Berita Antara di Kota Semarang, Jumat (2/8/2019), Ardito memaparkan hak pendapatan driver itu sebenarnya sudah dirangkum dalam PM No. 118. Sedangkan, terkait bonus atau insentif, banyak variabel yang menentukan dan sebetulnya merupakan hak dari aplikator itu sendiri.

Gojek, menurutnya, sudah baik dalam mengomunikasikan hal ini karena Gojek memiliki wadah Kopdar sebagai sarana komunikasi dua arah antara mitra dan Gojek. Namun, Ardito menekankan selain sosialisasi terkait insentif, Gojek juga turut serta meberikan tips dan trik agar mitranya tetap mendapatkan pendapatan yang berkelanjutan.

Aplikator juga harus menekankan bahwa kebijakan pemerintah ini memiliki peluang pendapatan yang lebih besar. “Jadi perlu dikomunikasikan lagi dengan baik sehingga bukan semata-mata bahwa ini sudah kebijakan pemerintah, sehingga ada perubahan yang memaksa kami mengadakan penggantian insentif ataupun bonus. Sosialisasikan bahwa ada perubahan strategi, kalau dulu kejar bonus dan insentif sekarang kejar pendapatan permanen. Termasuk cara mengambil pesanan agar pendapatan tidak turun. Enggak lagi bergantung kepada bonus dan insentif yang besarannya tidak bisa kita lakukan di dalam kendali kita, tapi dalam kendali otoritas aplikator,” pungkasnya.

Dalam kesempatan ini, Ardito menyampaikan bahwa driver tak perlu khawatir berlebihan. Sebab, dengan skema baru tersebut ada potensi pendapatan lain yang bisa didapat, yaitu tip dari konsumen. Tips akan didapat manakala driver melayani penumpang dengan baik. “Menjadi driver yang profesional, memiliki sikap, dan perilaku yang baik akan membuka pintu-pintu rezeki, di antaranya ya lewat tips. Nilai total tip yang diberikan konsumen pada driver ini diduga mencapai miliaran rupiah,” ujarnya.

Ardito juga mengimbau para driver taksi online agar tidak takut konsumen akan berpaling ke aplikator yang lebih murah dan memiliki banyak promo. Sebab, konsumen hari ini dinilai Ardito sudah cerdas-cerdas. Untuk kalangan kelas menangah biasanya mencari jasa transportasi online dengan memperhatikan keamanan dan kenyamanan. Beberapa lainnya baru memperhatikan biaya yang lebih murah.

“Bisnis angkutan adalah bisnis layanan, kenapa konsumen mau pindah ke taksi online dan ojol, karena layanan yang cepat, nyaman dan harga relatif lebih murah daripada angkutan lain selama ini. Jadi bukan faktor murah semata. Maka tidak perlu khawatir berlebihan konsumen akan banyak pindah ke pesaing yang tawarkan harga lebih murah. Tarif hanya mengikat sesaat, layanan yang baik akan memberikan ikatan lebih kuat,” jelasnya.

Sebagai informasi, pemberlakuan skema baru trip dan insentif Gojek mulai aktif pada Kamis (1/8/2019). Dalam skema terbaru harian 12 trip mendapat insentif Rp85.000, 16 trip mendapat tambahan Rp30.000, dan 19 trip mendapat tambahan Rp 60.000. Jika bisa memperoleh tiga tingkatan trip maka insentif tersebut menjadi akumulatif.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Dispar Sleman: Hoax 35 Objek Wisata di DIY Sudah Buka

Beredar kabar di media sosial terkait 35 destinasi wisata di wilayah DIY dan sekitarnya yang sudah beroperasi, Dinas Pariwisata Sleman menyebut itu kabar bohong atau hoax.

Hasil Liga 1 2021-2021: Gol Ilham Udin Armaiyn Bawa Kemenangan PSM Makassar atas Persik Kediri

Babak pertama kedua tim masing-masing mencetak dua gol

Berburu Bocoran Avanza-Xenia Terbaru

Berburu bocoran Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia terbaru yang terpantau dari pendaftaran kode mobil baru.

Alex dan Azis, Dua Batu Sandungan Partai Golkar Menuju 2024

Alex Noordin dan Azis Syamsuddin telah ditetapkan sebagai tersangka atas kasus dugaan korupsi yang berbeda.

5 Faktor Ini Tentukan Tingkat Keparahan Efek Traumatis Anak Korban Kekerasan Seksual

Namun efek traumatis yang dirasakan setiap anak korban seksual berbeda-beda, tergantung sejumlah faktor.

Presiden Tanam Mangrove dan Lepas Tukik di Cilacap

Lepasliar 1.500 tukik penyu lekang dan tukik penyu hijau

Dispar Solo Fasilitasi Pengajuan QR Code PeduliLindungi, Pelaku Usaha Buruan Daftar!

Dinas Pariwisata Kota Solo memfasilitasi pelaku usaha dan kantor instansi untuk pengajuan kode batang atau QR Code PeduliLindungi.

Ngaku Kasatreskrim, Polisi Gadungan Tipu Guru PNS Hingga Rp68 Juta

Tersangka mengaku kepada korban sebagai anggota Polri berpangkat AKP dan menjabat sebagai Kasatreskrim Polres Madiun Kota.

Hampir Sebulan Banjir Rendam Jalan Trans Kalimantan, Kendaraan Antre Melintas

Banjir merendam jalan nasional sepanjang 2,5 kilometer sejak Senin (30/8/2021)

Resmi! Eks Mensos Juliari Batubara Jadi Penghuni LP Tangerang.

Bila harta Juliari tidak mencukupi, maka akan diganti dengan pidana penjara selama 2 tahun.

Yuk Buka Tabungan Secara Digital Melalui OCTO Savers CIMB Niaga

PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) terus mengakselerasi kapabilitas fitur dan layanan aplikasi digital banking OCTO Mobile untuk kemudahan nasabah.

Persis Solo Siapkan 3 Desain Jersey Penuh Filosofi

Bryan Barcelona mengatakan setiap desain jersey memiliki filosofi tersendiri yang berkaitan dengan sejarah Persis maupun identitas tim sebagai klub dari Solo.

Menimba Air, Warga Tasikmadu Karanganyar Temukan Jasad Orang di Dalam Sumur

Jasad warga Pandeyan, Tasikmadu, Karanganyar, ditemukan di dalam sumur oleh tetangga rumah kontrakannya, Kamis (23/9/2021).

Ini Dia Galaxy M22, HP Baru Samsung Harga Rp2 Jutaan

Samsung Galaxy M22 resmi hadir di Indonesia dan bakal dijual secara flash sale akhir bulan nanti.

Bersepeda, Wali Kota Madiun Semangati Warga dan Salurkan Bantuan

Kegiatan bersepeda itu selain menjadi sarana untuk menyemangati masyarakat juga untuk memastikan warga patuh protokol kesehatan.

Satpol PP Wonogiri Kurangi Patroli PPKM pada Malam Hari, Ini Alasannya

Satpol PP Wonogiri mengurangi patroli keliling pada malam hari selama PPKM level 3 namun lebih intensif pada siang hari.