SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA – Peneliti Senior Populi Center Afrimadona menilai dukungan politik Ustaz Abdul Somad (UAS) kepada pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga tidak akan berdampak signifikan terhadap elektabilitas kedua paslon.

“Efek Abdul Somad itu mungkin hanya akan menguatkan pemilih paslon 02. Mungkin tidak akan terlalu banyak mempengaruhi pemilih paslon 01,” ujar Afrimadona dalam sebuah diskusi di Jakarta, Jumat (12/4/2019).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurutnya, faktor pimpinan agama dalam politik Indonesia memang memiliki pengaruh signifikan dan dapat mempengaruhi pilihan masyarakat. Namun hal tersebut tidak berperan signifikan terhadap pemilih rasional.

Selain itu, Afrimadona menuturkan strong voter kedua pasangan calon dalam survei-survei yang dilakukan sudah di atas 80 persen sehingga kemungkinan untuk beralih sangat kecil.

Dia juga melihat figur tokoh agama tidak terlalu berpengaruh terhadap swing voter paslon 01 Jokowi-Ma’ruf. “Pemilih swing voter di kedua paslon terkadang berbeda faktor yang menyebabkan mereka berubah pilihan. Swing voter di paslon 02 figur agama mungkin pengaruh. Tapi di swing voter paslon 01 faktor agama enggak terlalu pengaruh,” katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, UAS dan Prabowo melakukan pertemuan dan dialog Kamis (11/4/2019) kemarin. Dalam pertemuan itu, UAS menyampaikan bisikan terhadap UAS dari sejumlah ulama. UAS mengaku mendapat pesan agar mendukung Prabowo di Pemilu 2019 kali ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya