SOLOPOS.COM - Calon presiden yang diusung Partai Nasdem Anies Baswedan (kiri) menyampaikan pidato politiknya saat Deklarasi Calon Presiden Republik Indonesia Partai NasDem di NasDem Tower, Jakarta, Senin (3/10/2022). Partai NasDem resmi mengusung Anies Baswedan maju jadi capres untuk Pemilu 2024. ANTARA FOTO/Reno Esnir/rwa.

Solopos.com, JAKARTA — Pengamat politik sekaligus Direktur IndoStrategi Research and Consulting Arif Nurul Imam mengatakan langkah Partai Nasdem yang mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden dapat memicu migrasi politik pendukung partai.

Pencapresan Anies Baswedan bisa menjadi blunder bagi Partai Nasdem di Pemilu 2024.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Deklarasi Anies bagi Nasdem berpotensi besar memicu migrasi politik pendukung Nasdem selama ini ke partai lain,” kata Arif dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin (3/10/2022).

Arif Nurul Imam mengatakan bahwa deklarasi ini berpotensi membawa dampak negatif bagi Nasdem, yaitu hilangnya basis pemilih Presiden RI Joko Widodo.

Baca Juga: Partai Nasdem Resmi Usung Anies Baswedan Jadi Capres di Pilpres 2024

“Saya kira deklarasi sejak dini memiliki plus minusnya bagi Nasdem. Jika Anies tidak mampu memberi efek elektoral, akan menjadi blunder politik,” kata Arif, seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Meski telah mengantongi nama, Nasdem perlu berkoalisi dengan partai lain untuk memenuhi syarat ambang batas pencalonan presiden dan wakil presiden, mengingat suara Nasdem sebesar 10 persen di DPR RI.

Baca Juga: Nasdem Resmi Usung Anies Capres, Begini Reaksi Ganjar Pranowo

Berdasarkan pemberitaan sebelumnya, Ketua Umum DPP Partai Nasdem Surya Paloh mengumumkan secara langsung nama capres Anies Baswedan. Pengumuman tersebut berlangsung di Ballroom Nasdem Tower, Jakarta, Senin.

“Kenapa Anies Baswedan? Jawabannya adalah why not the best,” kata Surya Paloh.

Sementara itu, Anies menerima pencalonan dari Partai NasDem.

Baca Juga: Anies Batalkan Agenda Gubernur demi Deklarasi Capres Nasdem

“Dengan memohon rida Allah, dengan memohon petunjuk dari-Nya, dan seluruh kerendahan hati, bismillahirrahmanirrahim, kami terima dan siap menjawab tantangan itu,” kata Anies.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya