SOLOPOS.COM - Anies Baswedan bertemu Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dengan tajuk Silaturahmi Politik Anies-AHY di Kantor DPP Demokrat, Jakarta, Jumat (7/10/2022). (ANTARA/Boyke Ledy Watra)

Solopos.com, JAKARTA — Pengamat politik Arif Nurul Imam menilai wacana Anies Baswedan menggandeng Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono sebagai calon wakil presiden pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 merupakan pilihan yang sangat realistis.

Arif Nurul Imam yang merupakan Direktur IndoStrategi Research and Consulting mengatakan AHY merupakan tokoh yang potensial menjadi cawapres Anies Baswedan karena memiliki beragam modal politik dibandingkan tokoh-tokoh potensial lainnya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“AHY merupakan ketua umum partai, selain itu memiliki elektabilitas lumayan. Di banyak survei, AHY menduduki nomor urut pertama atau kedua untuk posisi cawapres sehingga sangat realistis jika AHY dijadikan cawapres oleh Anies,” kata Arif Nurul Imam saat ditemui di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat (7/10/2022).

Menurut dia, secara kalkulasi elektabilitas memang lebih menjanjikan dengan tokoh lain.

Baca Juga: Anies Baswedan Beri Sinyal Aliran Baru Politik Nasdem, Demokrat dan PKS

Sinyal-sinyal Anies berpasangan dengan AHY semakin kuat. Apalagi pernyataan petinggi-petinggi Partai Demokrat, seperti Andi Arief bahwa mereka akan berjalan bersama-sama.

“Secara politik bisa dibaca bahwa pada perhelatan Pilpres 2024 Anies Baswedan berpotensi besar akan menggandeng AHY yang merupakan Ketua Umum Partai Demokrat sebagai cawapres,” katanya, seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Baca Juga: Anies Baswedan Menolak ke Pilpres 2019, Siap Bertarung di Pilpres 2024

Arif mengatakan untuk memperkuat koalisi, Partai Nasdem dan Demokrat harus menghidupkan mesin politik mereka agar menyosialisasikan capres dan cawapres yang mereka usung, apabila secara resmi Anies Baswedan dan AHY dicalonkan sebagai capres dan cawapres.

“Mesin politik mereka harus dihidupkan dan membangun simpul-simpul politik yang bisa mengakselerasi jangkauan ceruk massa yang potensial mendukung Anies-AHY,” katanya.

Selanjutnya, Nasdem-Demokrat harus menggalang dukungan partai politik lain karena kalau hanya dua partai tersebut belum memenuhi syarat mengajukan capres dan cawapres.

Baca Juga: Doa Terbaik Sandiaga Uno untuk Dua Mantannya, Prabowo dan Anies Baswedan

“Itu yang bisa dilakukan Nasdem dan Demokrat bila sudah sepakat mengusung Anies Baswedan dan AHY,” katanya.

Sebelumnya, Anies Baswedan bertemu dengan Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dengan Tajuk Silaturahmi Politik Anies-AHY di Kantor DPP Partai Demokrat di Jakarta, Jumat sekitar pukul 10.00 WIB.

Pertemuan digelar tertutup hanya antara Anies Baswedan, Agus Harimurti Yudhoyono, dan pengurus Partai Demokrat. Pertemuan tersebut berlangsung sekitar satu jam.

Baca Juga: Dinilai Positif, Pendukung Anies Baswedan Kini Sukai Partai Nasdem

“Silaturahmi pada pagi hari ini bukanlah sebuah akhir, ini insyaallah jadi awalan baru,” kata Anies.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya