SOLOPOS.COM - AKBP Andy Rifai. (Solopos/Dok)

Solopos.com, SOLO — Pengamanan Kota Solo diperketat menjelang pelantikan presiden-wakil presiden terpilih Joko Widodo dan Maruf Amin pada 20 Oktober mendatang.

Kegiatan preventif berupa sosialisasi kepada masyarakat hingga komunikasi antarstakeholder akan dilakukan untuk menciptakan situasi Kota Solo tetap aman.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kapolresta Solo, AKBP Andy Rifai, saat dijumpai wartawan di Mapolresta Solo, Sabtu (5/10/2019) siang, mengatakan komunikasi dengan elemen masyarakat termasuk mahasiswa dirasa sangat membantu dalam menjaga Kota Solo.

Baca jugaPolresta Solo Hadiahi Anggota TNI 100 SIM Gratis

Sementara itu, pengamanan kediaman Presiden Jokowi di Sumber, Banjarsari, Solo, tetap berjalan seperti biasa sesuai prosedur pengamanan VVIP. Pengamanan dibagi tiga ring melibatkan Paspampres dan pengaman satuan wilayah.

“Tentunya kami tingkatkan keamanan di Kota Solo baik kepada mahasiswa maupun pelajar. Khusus pelajar kami koordinasi dengan sekolah-sekolah dan Dinas Pendidikan mengingat saat unjuk rasa kemarin salah seorang pelajar, HK, diamankan petugas karena menyerang petugas dengan ketapel,” ujarnya.

Menurutnya, saat ini HK telah dikembalikan ke orang tuanya namun proses penyelidikan masih terus dijalankan. Apabila melihat lokasi kericuhan unjuk rasa pekan lalu jumlah kelereng sangat banyak, sehingga ada kemungkinan pelaku kerusuhan tidak hanya satu orang.

Baca juga: AKBP Andy Rifai Kini Tak Sendiri Lagi Pimpin Polresta Solo

Terpisah, kelompok Sukarelawan Solo Bergerak melepaskan 500 ekor burung pipit dalam aksi damai di kawasan Pasar Gede Jl. Urip Sumoharjo, Jebres, Solo.

Koordinator Sukarelawan Solo Bergerak, Yuli Asri Sukanti, mengatakan pelepasan ratusan burung itu sebagai simbol perdamaian dan harapan agar Kota Solo selalu kondusif.

Lewat aksi itu sukarelawan mengajak masyarakat menyatukan dukungan kepada Presiden Joko Widodo untuk kembali memimpin Indonesia. Ia berharap Presiden Joko Widodo dapat menjaga amanah yang telah diberikan rakyat Indonesia mewujudkan Indonesia yang gemah ripah.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya