SOLOPOS.COM - Ilustrasi aktivitas warga saat Car Free Night. (JIBI/Solopos/Antara)

Solopos.com, SOLO -- Polresta Solo memberlakukan pengamanan yang lebih maksimal pada malam perayaan pergantian tahun di Kota Solo, Selasa (31/12/2019) malam hingga Rabu (1/1/2020) dini hari.

Pengamanan itu bahkan lebih ketat dibanding tahun-tahun sebelumnya. Tim penembak jitu (sniper) dari Brimob hingga tiga satuan setingkat batalion (SSY) jajaran Korem 074/Warastratama dalam keadaan siaga penuh.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kapolresta Solo, AKBP Andy Rifai, saat dijumpai wartawan di sela-sela kegiatan Tactical Floor Game (TFG) Pengamanan Car Free Night (CFN) Solo di Mako Satlantas Polresta Solo, Senin (30/12/2019), mengatakan pengamanan perayaan pergantian tahun kali menjadi perhatian serius Polri dan TNI agar masyarakat bisa merayakan malam tahun baru dengan nyaman dan lancar.

Ekspedisi Mudik 2024

Ia mengatakan setelah Polda Jawa Tengah (Jateng) memasang 100 kamera pengawas di Jl. Slamet Riyadi, jajaran Polresta Solo, Korem 074 Warastratama, Kodim 0735 Solo, dan Pemerintah Kota Solo, menggelar simulasi pengamanan secara TFG.

Beberapa skenario seperti adanya pencuri, penemuan orang meninggal dunia, perkelahian akibat minuman keras, benda mencurigakan, kebakaran, pohon tumbang, dan amukan massa disimulasikan.

Truk Tabrak Bus Usai Disalip di Sukoharjo, 10 Orang Terluka

Hal itu agar perwira pengendali memahami situasi di lapangan serta bisa bertindak secara tepat. “Sudah kami identifikasi ada empat lokasi yang akan menjadi pusat perayaan tahun baru yakni di Taman Bendungan Kalianyar, Plaza Manahan, Alun-Alun Kidul, dan pusat utama di CFN. Rencana pengamanan sudah kami tentukan lokasi pasukan Polri, TNI, dan organisasi masyarakat,” ujarnya.

Ia menyebut penempatan para sniper bukan untuk menakuti-nakuti masyarakat namun justru melindungi masyarakat dari pelaku kejahatan yang mengganggu perayaan tahun baru. Lokasi atau gedung penempatan sniper sudah ditentukan dengan mempertimbangkan berbagai faktor seperti ketinggian gedung serta ruang penglihatan.

Ia menambahkan Polresta Solo juga akan melengkapi anggota kepolisian dengan kamera pengawas yang melekat pada tubuh mereka. Selain itu, kendaraan dinas kepolisian saat ini telah terpasang camera closed circuit television (CCTV) mobile di beberapa lokasi CFN.

Potensi Macet di Simpang Joglo Solo, Wacana Overpass Sulit Terealisasi

Sementara itu, Polresta Solo sudah menerima laporan perayaan pergantian tahun dari hotel-hotel di Kota Solo mayoritas acaranya gala dinner tanpa pesta kembang api. Ia menjelaskan meski perayaan Natal sudah selesai, pengamanan di sekitar gereja-gereja prioritas masih dilakukan.

Danrem 074/Warastratama, Brigjen TNI, Rafael Granada Baay, menjelaskan jajaran Korem 074/Warastratama akan membantu pengamanan dengan menerjunkan sekitar 900 personel di luar pasukan cadangan dalam event CFN. Selain itu 600 personel akan ditempatkan di seluruh perbatasan Kota Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya