SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/dok)

Solopos.com, BOYOLALI–Menjelang Lebaran 2014, masyarakat diimbau lebih waspada terhadap peredaran uang palsu dan makanan-minuman kadaluarsa. Sebagai antisipasi, jajaran Polres Boyolali membentuk satuan petugas (satgas) khusus untuk mewaspadai peredaran uang palsu dan makanan-minuman kadaluwarsa di wilayah Kota Susu.

“Momentum Lebaran seperti ini kerap dimanfaatkan oknum-oknum tak bertanggung jawab untuk mengedarkan uang palsu,” ungkap Kabag Ops Polres Boyolali, Kompol I Wayah Sudita, mewakili Kapolres Boyolali, AKBP Budi Sartono, ketika ditemui wartawan di Mapolres setempat, Rabu (23/7/2014).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pihaknya juga memberikan perhatian khusus terhadap peredaran makanan-minuman di pasaran. Hal itu menyusul terjadinya peningkatan pembelian atau konsumsi di masyarakat setiap masa Lebaran. Menurutnya, ada pula oknum-oknum yang kerap memanfaatkan momentum tersebut hanya demi mengeruk keuntungan, termasuk menjual makanan-minuman yang kedaluarsa.

Ekspedisi Mudik 2024

Satgas yang dibentuk Polres Boyolali bertugas mengawasi di sejumlah pasar, perbankan, dan penukaran uang. Tindakan tegas bakal diberikan kepada pelaku peredaran uang palsu dan juga penjual makanan-minuman kadaluarsa dan yang tak layak konsumsi.

Sementara itu, tim dari Polres Boyolali, Rabu (23/7/2014), terjun ke sejumlah pasar tradisional, salah satunya di Pasar Kota Boyolali, untuk mengingatkan segenap pedagang dan pembeli, serta warga pasar setempat, agar senantiasa meningkatkan kewaspadaan terhadap berbagai potensi tindak kejahatan menjelang Lebaran, termasuk di kawasan pasar.

Selain meminta agar mereka menjaga keamanan barang-barang pribadi selama berbelanja di pasar, warga juga diimbau menjaga keamanan rumah dan lingkungan tempat tinggal masing-masing, di antaranya memastikan rumah terkunci dan aman sebelum meninggalkan rumah.

“Kami juga mengingatkan agar baik pedagang maupun pembeli mewaspadai peredaran uang palsu,” ungkap Kasubbag Humas Polres Boyolali, AKP Jumaisah, ketika ditemui di sela-sela kegiatan di Pasar Kota Boyolali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya