SOLOPOS.COM - Memadamkan Api

Harianjogja.com, SEMARANG—Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang mengimbau masyarakat yang akan mudik untuk memastikan rumahnya dalam kondisi aman, terutama menyangkut potensi terjadinya kebakaran.

“Pastikan alat elektronik maupun perangkat listrik lainnya dalam kondisi aman,” kata Kepala Bidang Pengedalian dan Operasional Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang Sumarsono di Semarang, Jumat (22/7/2014).

Promosi Kirana Plus, Asuransi Proteksi Jiwa Inovasi Layanan Terbaru BRI dan BRI Life

Ia mengingatkan banyak kejadian kebakaran yang disebabkan pemilik rumah lalai terhadap kondisi peralatan elektroniknya, misalnya perangkat masih menyala atau kabelnya masih terhubung dengan listrik.

Menurut dia, pemilik rumah harus benar-benar memastikan perangkat listriknya sudah dalam kondisi mati dan kabel yang menghubungkan perangkat dengan listrik harus dicabut sebagai langkah antisipasi.

“Perangkat listrik yang dimaksud bukan lampu, melainkan perangkat-perangkat elektronik yang digunakan sehari-hari, seperti televisi, dan sebagainya karena berpotensi menimbulkan korsleting,” katanya.

Jika ada perangkat yang masih menyala atau kabel terhubung dengan listrik, kata dia, bisa berpotensi menimbulkan percikan api jika terjadi hubungan arus pendek (korsleting) sehingga membahayakan.

“Dari percikan itu, bisa mengenai benda-benda yang ada di sekitarnya yang dikhawatirkan mudah terbakar, seperti kertas, busa, dan sebagainya sehingga menimbulkan kebakaran yang lebih besar,” katanya.

Selain peralatan yang terhubung dengan listrik, kata dia, kewaspadaan juga harus dilakukan terhadap peralatan-peralatan yang mengeluarkan api, seperti kompor karena kelalaian bisa berakibat fatal. (JIBI/SOLOPOS/Ant)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya