SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA — Sikap Gerakan Pemuda (GP) Ansor Tegal yang menolak kehadiran Hanan Attaki di Tegal, Minggu (7/7/2019), menuai kritik termasuk dari tokoh-tokoh muda Nahdlatul Ulama (NU). Salah satu kritik tajam datang dari Ketua Pengurus Cabang Istimewa (PCINU) Amerika, Akhmad Sahal.

Sahal mengkritik Ansor Tegal yang menolak pengajian Hanan Attaki itu. Menurutnya, pengajian Hanan Attaki tidak pernah mengandung hasutan dan provokasi yang membuatnya layak ditolak.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Saya kritik Ansor Tegal yg menolak pengajian Ust Hanan Attaki. Ga setuju ok, tp jgn main batalin,” kicaunya di akun @sahal_AS, Senin (8/7/2019).

Yg hrs ditolak itu ‘pengajian’ yg nyebarin paham radikal, atau nebar fitnah dan hoax. Meski capnya pengajian, aslinya itu hasutan n provokasi. Pengajian Hanan Attaki ga gitu,” jelasnya.

Sebelumnya, GP Ansor Tegal mengirimkan surat kepada Polresta Tegal pada Jumat (5/7/2019) lalu. Isinya, GP Ansor Tegal menyatakan keberatan atas kehadiran Hanan Attaki untuk memberikan ceramah dalam acara Sharing Time di Hotel Bahari Inn, Tegal, Minggu. Mereka khawatir ceramah yang mengandung unsur provokasi, meskipun tidak ada bukti Hanan pernah melakukannya.

Meski bentuknya berupa surat kepada kepolisian dan tidak ada pengerahan massa Ansor, Sahal tetap mengkritiknya. Pasalnya, surat itu juga merupakan tekanan kepada kepolisian.

Memang tidak ada persekusi, tp surat keberatan resmi dari Ansor seperti ini jg termasuk pressure thd polisi, yg berujung pd self censorship oleh panitia. Ini mnrtku langkah yg keliru dari temen2 Ansor,” kicau @sahal_AS.

Menurutnya, ceramah Hanan Attaki tak mengandung radikalisme. Kalaupun Ansor tidak setuju dengan materi ceramah, semestinya hal itu tidak dilakukan dengan surat keberatan ke kepolisian, tapi bisa dengan mengajak diskusi ustaz yang bersangkutan.

Lain kalo misal ada pengajian yg pro HTI, atau yg menghasut SARA. Protes via surat keberatan ke Kapolres tepat,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya