PENGADAAN SERAGAM : Pagu Kain Seragam Gratis Rp50.000/Siswa

 Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Burhan Aris Nugraha)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Burhan Aris Nugraha)

Pengadaan seragam untuk siswa sekolah di Sragen ditentulam dengan harga Rp50.000 satu setel.

Solopos.com, SRAGEN — Dinas Pendidikan Kabupaten Sragen menggandeng Balai Besar Tekstil Bandung untuk menentukan spesifikasi kain yang akan digunakan untuk pengadaan seragam bagi siswa sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP).

Sementara, pagu anggaran yang telah ditetapkan untuk satu setel seragam Rp50.000. Pemkab Sragen mengalokasikan anggaran Rp1,95 miliar dalam APBD tahun 2015 untuk keperluan tersebut. Bantuan seragam rencananya diberikan kepada 24.500 siswa SD dan SMP se-Sragen.

Sekretaris Dinas Pendidikan Sragen, Darmawan, mengatakan kain hasil rekomendasi dari Balai Besar Tekstil Bandung akan dijadikan acuan dalam pengadaan bantuan seragam tersebut. Menurutnya, uji lab kain sangat penting untuk mengetahui jenis kain yang disesuaikan dengan pagu anggaran yang telah ditetapkan Pemkab.

“Kalau tidak diuji lab kami mau menggunakan dasar apa. Kalau rekomendasi lembaga resmi kan enak, kami tinggal mengajukan kain yang akan digunakan untuk bantuan seragam itu kepada pihak ketiga yang ingin menggarap proyek ini,” katanya saat ditemui Solopos.com di kantornya, Jumat (27/3/2015).

Dia juga mengatakan hasil uji lab dari balai tersebut diprediksi selesai Selasa (31/3/2015). Setelah rekomendasi kain ada, lanjut dia, Disdik akan mengajukan proses lelang ke Unit Lelang Pengadaan (ULP) Sragen. Diperkirakan awal April proses lelang bisa dilaksanakan.

Menurutnya, pagu anggaran untuk satu meter kain tersebut senilai Rp50.000. “Untuk biaya uji lab Rp7 juta. Proses ini sangat penting dan kami membutuhkannya. Kami menggunakan balai di Bandung karena di Sragen tidak ada,” ujar dia.

Lebih lanjut, jenis seragam yang akan dibagikan ke siswa adalah untuk siswa SD seragam baju putih dan celana merah dan bagi siswa SMP seragam baju putih dan celana biru. Nantinya, setiap siswa mendapatkan bantuan berupa kain. Seragam dijahit sendiri oleh penerima.

 

 

Berita Terkait

Espos Premium

Perjalanan Makin Longgar,  Angkutan Darat Sudah Siap dengan Protokol Kesehatan Belum?

Perjalanan Makin Longgar, Angkutan Darat Sudah Siap dengan Protokol Kesehatan Belum?

Pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) pada moda transportasi darat  seperti bus menjadi bahan sorotan lantaran pengawasannya masih rendah. Penguatan pelaksanaan prokes penting guna menanggapi perubahan pandemi menjadi endemi.

Berita Terkini

Perjalanan Makin Longgar, Angkutan Darat Sudah Siap dengan Protokol Kesehatan Belum?

Pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) pada moda transportasi darat  seperti bus menjadi bahan sorotan lantaran pengawasannya masih rendah. Penguatan pelaksanaan prokes penting guna menanggapi perubahan pandemi menjadi endemi.

Profil Wihaji, Bupati Batang Kelahiran Sragen Cucu Abdi Dalem Mangkunegaran Solo

Wihaji merupakan putra daerah Kabupaten Sragen yang lahir pada 22 Agustus 1976, cucu abdi dalem Mangkunegaran Solo yang saat ini menjabat sebagai Bupati Batang.

Misteri Kematian Pria Jakarta Timur Saat Live Tiktok, Keluarga Tepis Dugaan Bunuh Diri

Belum lama ini jagat dunia maya Tanah Air dihebohkan dengan kematian pria IS, 29, saat live di Tiktok di rumah susun di Jatinegara, Jakarta Timur.

Sinyal Lemah, Penarapan Aplikasi PeduliLindungi di Tawangmangu Jadi Susah

Penerapan aplikasi PeduliLindungi di kawasan wisata Tawangmangu, Karanganyar, terkendala sinyal internet yang lemah.

10 Berita Terpopuler: Potensi Tsunami di Pacitan hingga Kecelakaan di Wonogiri

Kabar tentang potensi tsunami setinggi 28 meter di Pacitan, Jawa Timur menjadi berita terpopuler di Solopos.com, Minggu (19/9/2021).

Tak Cuma Pacitan, Wonogiri Juga Berpotensi Tsunami Besar

Selain Pacitan di Jawa Timur, wilayah Wonogiri juga memiliki potensi tsunami besar.

Hore.. Diskon 100% PPnBM Diperpanjang Hingga Desember

Pemerintah resmi memperpanjang diskon 100% PPnBM hingga Desember 2021.

Viral! Aksi Maling HP Terobos Lubang Pagar Besi Bikin Tegang, Dikira Nyantol Ternyata...

Aksi seorang pencuri ponsel yang terekam kamera CCTV viral di media sosial lantaran mampu melewati lubang pagar besi yang kecil.

Bobol Konter Dua Kali, Pasutri di Ponorogo Curi Puluhan Tabung Gas Elpiji

Sepasang suami istri mencuri 50 tabung gas 3 kg dan uang Rp1 juta di konter 212 Cellular depan BRI Siman, Desa Brahu, Kecamatan Siman, Kabupaten Ponorogo.

IKM di Grobogan Didorong Meningkatkan Daya Saing

Pemkab Grobogan bersama anggota DPR RI menggandeng sejumlah perusahaan untuk sosialisasi agar IKM memiliki daya saing.

Kompolnas Desak Pengusutan Tuntas Kasus Napoleon Aniaya Muhammad Kece

Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mendesak kasus penganiayaan terhadap Muhammad Kece ini diusut tuntas.

Ramalan Zodiak Hari Ini: Sagitarius Gampang Tergoda Penawaran Kerjasama

Ramalan zodiak hari ini menyebut seseorang bisa jadi datang ke rumah dan mampu membuat percaya Sagitarius untuk terlibat kerjasama.

Tanpa Ampun, Ajax Libas Tim Promosi Cambuur 9-0

Ajax memberondong tim promosi Liga Belanda Cambuur Leeuwarden dengan 9 gol tanpa balas dalam laga pekan kelima di Stadion Johan Cruijff Arena, Amsterdam.

Juergen Klopp Puji Sadio Mane Seusai Liverpool Libas Crystal Palace 3 Gol Tanpa Balas

Juergen Klopp menyanjung tinggi-tinggi Sadio Mane setelah Liverpool mengatasi Crystal Palace 3-0 dalam lanjutan Liga Inggris di Anfield, Sabtu (18/9/2021) waktu setempat.

Sudah Bikin 37 Buku Novel hingga Komik, Siswi MAN 1 Solo Ini Raih Penghargaan dari Gubernur DIY

Nadia Shafiana Rahma adalah salah satu cerpenis dan novelis dari MAPK dan Pondok Pesantren Hadil Iman MAN I Solo.