SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO-Pengadaan lahan pemakaman baru oleh Pemerintah Kota (Penkot) Solo belum bisa direalisasikan tahun 2012 mendatang. Sehingga kekurangan lahan makam di Kota solo akan diatasi dengan memanfaatkan lahan-lahan di tempat pemakaman umum (TPU) yang masih kosong.

Dalam Nota Jawaban Walikota atas Pemandangan Umum Fraksi DPRD tentang RAPBD Solo 2012, Walikota Solo, Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, perlu kajian yang mendalam dengan dana besar untuk melakukan pengadaan lahan baru. Selain itu waktu yang dibutuhkan untuk kajian itu juga memakan waktu lama.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Senada disampaikan Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Solo, Satriyo Teguh Subroto. Satriyo mengungkapkan dari DKP juga belum mengajukan anggaran untuk pembelian lahan makam baru di KUA-PPAS 2012. Untuk sementara ini, lanjutnya, kebutuhan lahan makam masih bisa dipenuhi di sejumlah TPU yang tersebar di Solo.

“Pengadaan lahan pemakaman memerlukan kajian yang mendalam dan dukungan anggaran yang cukup besar, sehingga untuk sementara pelayanan pemakaman memanfaatkan lahan yang masih tersedia di tiap-tiap TPU,” kata Satriyo kepada wartawan di Gedung Dewan, Rabu (14/12/2011).

Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Solo, Budi Suharto menambahkan, selama ini sudah ada sejumlah diskusi-diskusi publik yang mengarah pada wacana pembelian lahan untuk makam baru. Hasil diskusi terbut perlu ada ekstensifikasi lahan makam.

Sekda memaparkan jika Pemkot bisa membeli lahan makam baru, maka dapat dipastikan sistem makam tumpuk tidak perlu dilaksanakan. “Kalau lahannya masih ngoblah-oblah (luas-red), maka sistem makam tumpuk tidak dilakukan. Saya sangat yakin hal itu. Apalagi, kalau ada pengabuan,” ujar dia. sry

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya