SOLOPOS.COM - Ilustrasi pengadilan. (JIBI/Harian Jogja/Istimewa)

Pengacara Jateng bakal dipersaatukan kendati berada dalam wadah organisasi profesi berbeda.

Semarangpos.com, SEMARANG — Empat organisasi profesi pengacara di Jawa Tengah mendeklarasikan kesatuan para advokat yang tersebar di berbagai perkumpulan tersebut. Keempat organisasi pengacara tersebut adalah Kongres Advokat Indonesia, Ikatan Advokat Indonesia, Perhimpunan Advokat Indonesia, serta Himpunan Advokat Muda Indonesia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua Kongres Advokat Indonesia wilayah Jawa Tengah John Richard sebagaimana dikutip Kantor Berita Antara, Sabtu (6/8/2016),  mengatakan deklarasi tersebut merupakan suatu wadah baru bagi para advokat dalam kebersamaan. “Seluruh advokat diharapkan hadir dalam deklarasi yang akan dilaksanakan pada 17 Agustus nanti,” kata salah seorang inisiator deklarasi Advokat Jawa Tengah Bersatu itu.

Menurut dia, selama ini advokat di Jawa Tengah terkotak-kotak dalam sejumlah organisasi profesi tersebut. Ketua Ikatan Advokat Indonesia wilayah Jawa Tengah Rangkei Margana mengatakan sekitar 2.000 pengacara dari berbagai wilayah di provinsi itu diperkirakan hadir dalam deklarasi tersebut.

Dia mengharapkan dalam deklarasi tersebut, muncul pula kesamaan pandangan di antara para advokat. “Kita tidak mau dipecah-pecah. Kami berharap bisa sejajar dengan aparat penegak hukum lainnya,” kata Rangkei yang juga inisiator deklarasi tersebut.

Dipilihnya 17 Agustus sebagai waktu pelaksanaan deklarasi penyatuan langkah pengacara-pengacara Jateng yang tergabung dalam Kongres Advokat Indonesia, Ikatan Advokat Indonesia, Perhimpunan Advokat Indonesia, serta Himpunan Advokat Muda Indonesia itu, ujar dia, karena hal tersebut bertepatan dengan momentum peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya