Pengabdian untuk Masyarakat, Mahasiswa UNS KKN di Sambas Kalbar
Mahasiswa UNS bersama Bupati Sambas beserta jajaran dan Dosen Pembimbing Lapangan di Kabupaten Sambas, Kalbar. (Istimewa)

Solopos.com, SAMBAS – Wujud dari penerapan tri dharma perguruan tinggi oleh mahasiswa dengan melakukan pengabdian kepada masyarakat yaitu melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta pada bulan Januari 2019 melakukan KKN di berbagai daerah Indonesia, salah satu tim dari KKN UNS melakukan pengabdian di perbatasan negeri bertempat di Desa Sanatab, Kec. Sajingan Besar, Kab. Sambas, Kalimantan Barat.

Kegiatan pengabdian yang dilakukan mahasiswa KKN UNS di Desa Sanatab mengangkat tema Pemberdayaan Masyarakat Desa Sanatab melalui Program Pertanian dalam Menunjang Desa Wisata dengan Didukung Penguatan Pendidikan untuk Meningkatkan Kearifan Lokal dan Perekonomian Setempat.

Kegiatan ini bertujuan menjadi sarana pembelajaran, pengalaman dalam mengaplikasikan teori-teori yang dipelajari dalam ilmu perkuliahan dan pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang turut serta mengambil peran dalam menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat.

Kesempatan ini menjadi kali kedua bagi mahasiswa UNS diterima kembali melakukan pengabdian pertama di Sambas setelah sebelumnya pernah diselenggarakan pada 2018. Pemerintah Daerah dengan senang hati menerima kelompok KKN UNS. Pada Kamis (17/1/2019) kelompok KKN UNS disambut oleh Bupati Sambas beserta jajaran dan Camat Sajingan. Kegiatan dilakukan dalam rangka serah terima mahasiswa KKN UNS dan dari UNS diwakilkan Dosen Pembimbing Lapangan yaitu Pak Ahmad Pramono.

Kegiatan penerimaan mahasiswa KKN berjalan dengan lancar dengan ramah tamah dan terakhir ditutup antara pemda maupun perwakilan UNS saling memberikan cinderamata. Setelah agenda tersebut Tim KKN UNS menuju ke desa tujuan untuk mempersiapkan agenda agenda KKN yang akan dilakukan.

Harapan dari kegiatan KKN ini bisa berjalan baik, program yang dilakukan bisa terlaksana dan bermanfaat kepada masyarakat sehingga Desa Sanatab bisa maju dan berkembang.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya


Kolom