SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Tiga dosen Sekolah Vokasi Undip yang tergabung dalam Tim Program Penguatan Komoditi Unggulan Masyarakat( PKUM ) memberikan pendampingan untuk membantu pengembangan bisnis para pelaku usaha kecil menengah (UKM) di Desa Belik, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu program pengabdian masyarakat dalam rangka penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi tepat guna. Tim Sekolah Vokasi Undip itu, menurut publikasi Kantor Berita Antara, Minggu (15/9/2019), dimotori Ireng Sigit Atmanto, Edi Supriyo, dan Isti Pudjihastuti.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Desa Belik merupakan daerah penghasil produk pertanian nanas madu, karena desa ini berada di lereng Gunung Slamet sehingga memungkinkan tanaman nanas tumbuh subur. Selain nanas juga terdapat tanaman pisang ambon yang dapat tumbuh subur, sehingga dapat dikembangkan menjadi produk sale pisang.

Dalam kegiatan tersebut tim mengadakan pelatihan dan pendampingan prosedur pengoperasian dan perawatan alat pasteurisasi dan alat pengepakan yang merupakan sumbangan dari tim pengabdian agar dalam penggunaannya dapat memberikan keamanan dan kelancaran selama proses produksinya.

Tim melaksanakan kegiatan tersebut di daerah Belik dengan pertimbangan di daerah tersebut ada kelompok usaha bersama Vitanas yang  mengolah nanas madu menjadi aneka jenis camilan dan minuman. Desa Semoge, Kecamatan Pulausari, juga mengolah pisang menjadi sale pisang.

Sementara ini, masalah utama yang dialami UKM selama proses produksi adalah karena masih menggunakan peralatan yang sederhana dan manual dalam skala rumah tangga akibatnya produksinya kurang terkontrol secara maksimal dan sulit berkembang. Adanya hibah peralatan pasteurisasi dan sealer serta pelatihan dan pendampingan dalam pengoperasian alat pasteurisasi maupun sealer UKM merasa sangat terbantu dalam meningkatkan produksinya. Sehingga diharapkan nantinya akan dapat memperluas pangsa pasar hingga luar daerah.

Tim PKUM berharap semoga dengan adanya kegiatan pengabdian ini dapat memperkuat dan menumbuhkan kemampuan inovasi dan implementasi IPTEK bagi perguruan tinggi dalam menggali dan meningkatkan kualiatas produk UKM di daerah-daerah serta membangun hubungan antara perguruan tinggi dengan masyarakat yang pada akhirnya akan mendorong peningkatan daya saing usaha kecil menengah dengan produk unggulan di daerah setempat.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya