SOLOPOS.COM - Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, tengah menyapa warga atau wajib pajak yang tengah mengisi SPT Pajak di Kanwil DJP Jateng I, Jl. Kimangunsarkoro, Semarang, Jumat (17/3/2017). (JIBI/Semarangpos.com/Imam Yuda Saputra)

Penerimaan pajak di Kanwil DJP Jateng I selama Januari-Maret 2017 baru mencapai Rp4,1 triliun atau 13,2% dari total target realisasi pajak yang dicanangkan.

Semarangpos.com, SEMARANG — Selama Januari-Maret 2017, Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Tengah (Jateng) I baru memperoleh penerimaan pajak sekitar Rp4,1 triliun. Jumlah itu masih jauh dari target realisasi pajak yang dicanangkan Kanwil DJP Jateng I sepanjang 2017 ini.

Promosi Keren! BRI Jadi Satu-Satunya Merek Indonesia di Daftar Brand Finance Global 500

“Hingga 16 Maret 2017 kemarin, kita baru mendapatkan penerimaan pajak Rp4,1 triliun atau sekitar 13,2% dari total target realisasi pajak di 2017 ini. Meski demikian, kami optimistis target tahun ini bisa tercapai,” ujar Kepala Bidang Data dan Pengawasan Potensi Perpajakan (DP3) Kanwil DJP Jateng I, Ramon Irawadi, saat dijumpai wartawan di kantornya, Jumat (17/3/2017).

Ramon menyebutkan pada tahun 2017 ini Kanwil DJP Jateng I menargetkan realisasi penerimaan pajak Rp31,63 triliun. Jumlah itu lebih tinggi dibanding realisasi penerimaan pajak di Kanwil DJP Jateng I pada 2016, yakni Rp29,8 triliun.

Dengan jumlah penerimaan pajak sebesar itu, Kanwil DJP Jateng I pun menempati urutan ketiga nasional dari segi realisasi penerimaan pajak di tahun 2016. Meski demikian, capaian penerimaan pajak sebesar itu belum memenuhi target yang dicanangkan pada 2016 lalu.

“Tahun lalu kita itu menempati urutan ketiga nasional dalam capaian penerimaan pajak, yakni 90,94% dari target yang ditetapkan. Tapi, tahun ini kami yakin targetnya akan terpenuhi,” imbuh Ramon.

Keyakinan Ramon tak terlepas dari sosialisasi yang gencar Kanwil DJP Jateng I kepada warga atau WP agar tertib membayar pajak. Selain itu, wilayah Kanwil DJP Jateng I juga cukup potensial.

Dari 17 kabupaten/kota yang menjadi wewenang Kanwil DJP Jateng I banyak terdapat WP dari perusahaan besar, seperti PT Djarum Kudus. Bahkan, pada 2016 lalu, PT Djarum Kudus merupakan salah satu penyumbang penerimaan pajak terbesar di wilayah Kanwil DJP Jateng I.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya