PENERIMAAN MAHASISWA BARU : Univet Bantara Bidik 1.500 Mahasiswa Baru
Kampus Univet Bantara (Eko Mafrundoni Aprillyanto/JIBi/Solopos.com)

Penerimaan mahasiswa baru di Univet Bantara Sukoharjo membidik 1.500 mahasiswa baru.

Solopos.com, SUKOHARJO Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo membidik sekitar 1.500 mahasiswa baru pada tahun ajaran 2015/2016. Selama ini, Univet telah melakukan kontrak kerja sama atau MoU dengan beberapa SMA di luar Soloraya seperti Pacitan, Ngawi, dan Ponorogo.

Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru Univet, Sri Wahono, mengatakan jumlah calon mahasiswa yang mendaftar pada penerimaan mahasiswa baru gelombang I sebanyak 623 orang. Pendaftaran gelombang I dilakukan mulai 2 Maret hingga 30 Juni. Kini, Univet masih membuka penerimaan mahasiswa gelombang II mulai 1 Juli-30 Agustus 2015.

“Target calon mahasiswa baru sekitar 1.500 orang. Jumlah mahasiswa yang lulus juga sekitar 1.500 setiap tahun,” katanya saat ditemui Solopos.com di kantornya, Kamis (9/7/2015).

Untuk menggaet calon mahasiswa baru, Univet bekerja sama dengan beberapa sekolah terutama di wilayah Jawa Timur. Dia melakukan presentasi mengenai keunggulan setiap program studi (prodi). Kerja sama ini telah dirintis sejak dua tahun lalu.

Hasilnya, ada beberapa calon mahasiswa yang berasal dari luar wilayah Soloraya kendati jumlahnya masih sedikit. “Kerja sama dengan sekolah-sekolah sangat efektif menarik minat calon mahasiswa baru. Sekarang mahasiswa baru Univet tidak hanya berasal dari wilayah Soloraya, namun Jawa Timur bahkan luar Jawa,” terang dia.

Kepala Biro Administrasi Akademik Univet Bangun Nusantara Sukoharjo ini mengatakan biaya kuliah di universitas tersebut cukup terjangkau. Para mahasiswa baru tidak dibebani dengan biaya penyelenggaraan pendidikan atau satuan kredit semester (SKS) setiap semester. “Tidak ada biaya SKS setiap semester. Mahasiswa hanya membayar biaya tetap semester ditambah uang kepanitian ujian semester,” papar dia.

Pihaknya juga selalu memberikan bantuan beasiswa pendidikan kepada mahasiswa dari kalangan menengah ke bawah. Dana beasiswa pendidikan yang diberikan senilai kurang lebih Rp3 juta/semester selama delapan semester.

Univet Bangun Nusantara Sukoharjo membuka 19 program studi (prodi) sarjana atau strata 1 dan satu prodi strata 2. Selama Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) masih menjadi prodi terfavorit. Hal ini dibuktikan jumlah mahasiswa prodi PGSD terbanyak dibanding prodi lainnya. Saat ini, jumlah total mahasiswa Univet Bangun Nusantara Sukoharjo antara sekitar 8.000 orang.

 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho