SOLOPOS.COM - Logo Institut Seni Indonesia (ISI) Jogja (ISI Jogja)

Penerimaan mahasiswa baru, ISI Jogja masih memiliki ratusan kursi kosong

Harianjogja.com, BANTUL — Insitut Seni Indonesia (ISI) Jogja masih memiliki 471 kursi kosong yang bisa diisi oleh calon mahasiswa baru melalui jalur mandiri gelombang kedua. Banyaknya audisi musik yang digelar sejumlah stasiun televisi, dinilai menjadi faktor pendongkrak meningkatkan animo calon mahasiswa untuk masuk ke ISI Jogja, utamanya Program Studi Musik di Fakultas Seni Pertunjukan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pembantu Dekan I Fakultas Seni Pertunjukan Bambang Pudjasworo mengakui, adanya pengaruh tayangan audisi musik sejenis pencarian bakat di sejumlah stasiun televisi terhadap minat untuk masuk di Fakultas Seni Pertunjukan terutama di Jurusan Musik di ISI. Meski belum melakukan penelitian secara ilmiah, namun hasil survei dari sejumlah mahasiswa yang masuk, mereka ingin menggeluti bidang musik karena adanya kesempatan audisi di stasiun televisi.

“Mungkin sama dengan ingin menjadi artis, bahkan ada juga yang terang-terangan ketika kami tanya alasan masuk ke Musik, karena pengen seperti Shoimah,” ungkapnya dalam konferensi pers di Gedung Rektorat Lantai III ISI Jogja, Kamis (22/6/2017).

Dilihat dari grafis minat pada jurusan musik pada penerimaan mahasiswa baru (PMB) jalur mandiri gelombang pertama antara lain, program studi seni musik 158 orang, penyajian musik 112, pendidipan musik 158 dan penciptaan musik ada 96 peminat. Kemudian pada jalur SBMPTN, program studi seni musik 361 orang, pendidikan musik 169 dan penciptaan musik ada 90 pendaftar.

“Efek dari media elektronik, siaran televisi, yang menyelanggarakan acara seperti Indonesian Idol, itu sangat tinggi,” ujarnya.

Pembantu Dekan I Fakultas Seni Rupa Wiwik Sriwulandari mengatakan Prodi Desain Komunikasi Visual merupakan peminat tertinggi. Pada gelombang pertama, peminat mencapai 714 orang sedangkan jalur SBMPTN tembus 1.077 pendaftar, disusul Prodi Desain Interior 383 orang peminat, kemudian jalur SBMPTN mencapai 454 pendaftar dan Seni Rupa Murni sebanyak 196 peminat, tercatat 208 pendaftar melalui SBMPTN.

Pembantu Rektor I ISI Jogja I Wayan Dana menambahkan, total daya tampung untuk PMB 2017 sebanyak 1.220 kursi terdiri atas 1.059 untuk jalur mandiri gelombang pertama dan kedua serta 161 kursi untuk jalur SBMPTN. Hingga Kamis (22/6/2017) kemarin, tercatat sudah ada 588 kursi terisi untuk PMB gelombang pertama dan 161 jalur SBMPTN. Sehingga masih ada 471 kursi yang tersedia.

Adapun total pendaftar dari gelombang pertama sebanyak 2.488 calon mahasiswa dan SBMPTN tercatat 3.212 calon yang mendaftar di ISI Jogja. “Sampai saat ini sudah ada 549 calon mahasiswa yang sudah registrasi dan ada 40 yang belum,” ungkapnya.

PMB gelombang kedua masih dibuka pendaftarannya hingga 12 Juli 2017, adapun pelaksanaan tes digelar pada 18-20 Juli 2017 dan pengumuman hasil seleksi pada 3 Agustus 2017.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya