Tutup Iklan
Ilustrasi peserta seleksi penerimaan CPNS melakukan registrasi. (Antara-Sumarwoto)

Solopos.com, SEMARANG — Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menyatakan penerimaan calon pegawa negeri sipil (PNS) yang dilaksanakan selama 15 hari mulai 11 November 2019 terbuka untuk peserta dari seluruh daerah di Indonesia.

“Silakan dari luar Jawa Tengah, luar Jawa, bisa mendaftar CPNS Jateng 2019,” tutur Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jateng Wisnu Zaroh, Rabu (6/11/2019).

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) memberikan kuota 1.409 CPNS di Jateng. Perinciannya, 551 tenaga guru, 316 tenaga kesehatan, dan 542 tenaga teknis.

Adapun, total formasi CPNS yang dibutuhkan di 35 kabupaten/kota Jateng mencapai 13.590 posisi. Seluruh proses pendaftaran dilaksanakan secara online, melalui situs sscasn.bkn.go.id, jatengprov.go.id, dan bkd.jatengprov.go.id.

“Pendaftaran online itu akan dimulai serentak pada 11 November 2019 dan berlangsung selama 15 hari,” imbuhnya.

Wisnu memberikan beberapa tips untuk memudahkan CPNS dalam melakukan pendaftaran. Pertama, peserta memiliki alamat email aktif. Kedua, membaca dengan cermat dan teliti setiap informasi persyaratan.

Pasalnya, pelamar hanya bisa melakukan pendaftaran sekali dan hanya untuk suatu jabatan. Ketiga, bagi peserta dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang bermasalah, dapat menguhubungi Disdukcapil setempat.

Keempat, peserta dapat melihat jumlah pendaftar di berbagai unit kerja, sehingga dapat memprediksi peluang untuk lulus menjadi PNS.

Kelima, peserta harus menyiapkan persyaratan administrasi yang mencakup KTP, pas foto terbaru dengan latar merah, ijazah dan transkrip nilai, surat lamaran, serta akreditasi prodi dan universitas pada tahun lulus.

Adapun, tes CPNS Jateng mencakup tiga kompenen, yakni tes kompetensi dasar atau Tes Intelegensi Umum (TIU), tes wawasan kebangsaan, dan tes karakteristik kepribadian. Apabila lolos dalam tahap ini, peserta selanjutnya akan menjalani tes kompetensi bidang.

Wisnu menambahkan, sebetulnya Jateng mengajukan kuota CPNS sebanyak 2.149 posisi, kendati yang disetujui Kemenpan-RB sejumlah 1.409 posisi. Oleh karena itu, pihaknya akan mengajukan pendaftaran Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K), untuk menambah posisi sesuai kebutuhan.

“Kalau ada kebijakan dari [pemerintah] pusat untuk P3K, kami akan membuka lowongan lagu untuk P3K ini,” paparnya.

Dia pun menegaskan proses rekrutmen CPNS tidak dipungut biaya apapun atau gratis. Masyarakat diimbau tetap waspada terhadap segala bentuk penipuan terkait hal tersebut.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 

Sumber: Bisnis


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten