SOLOPOS.COM - Para siswa SMA di Kota Semarang tengah mengikuti ujian simulasi masuk STAN di Kantor Indonesia College, Meteseh, Kota Semarang, Minggu (19/11/2017). (JIBI/Semarangpos.com/Istimewa-Rumahles)

Penerimaan CPNS dibuka setiap tahunnya melalui jalur pendidikan ikatan kedinasan di Politeknik Keuangan Negara (PKN) Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN).

Semarangpos.com, SEMARANG – Politeknik Keuangan Negara (PKN) Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) selama ini menjadi incaran para lulusan SMA atau sederajat di Tanah Air. Hal itu dikarenakan begitu diterima di STAN, para siswa akan mendapat pendidikan ikatan kedinasan atau menjadi calon pegawai negeri sipil.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Namun, untuk masuk STAN bukanlah perkara yang mudah. Selain persaingan yang sulit, para lulusan SMA dan sederejat itu harus menghadapi berbagai soal ujian yang rumit.

Untuk mengatasi kesulitan dalam menghadapi soal-soal ujian masuk STAN itu, Rumahles bekerja sama dengan Indonesia College menggelar simulasi atau try out.  Kegiatan try out yang diikuti 30 pelajar SMA dari Kota Semarang dan sekitarnya itu digelar di kantor Indonesia College Jl. Dinar Elok A8 No.1, Meteseh, Kota Semarang, Sabtu-Minggu (18-19/11/2017).

“Peserta acara kami banyak yang berasal dari Semarang, tapi tidak sedikit yang berasal dari luar kota, seperti Boyolali,” ujar penanggung jawab try out, M. Nurfadhillah, dalam siaran pers kepada Semarangpos.com, Minggu.

Dalam acara yang digelar selama dua hari itu, peserta diberikan sensasi merasakan suasana dan atmosfer ujian penerimaan CPNS STAN. Peserta diberi waktu sekitar 150 menit untuk mengerjakan soal yang teriri dari Tes Potensi Akademik (TPA) serta Tes Kemampuan Bahasa Inggris (TBI).

“Sementara itu, hari kedua digunakan untuk melakukan pembahasan soal-soal serta materi yang telah diujikan pada hari pertama,” imbuh Nurfadhillah.

Untuk mengikuti try out masuk STAN itu, peserta tidak dipungut biaya sepeser pun alias gratis. Pihak penyelenggara, Rumahles dan Indonesia College juga memberikan voucher senilai Rp3,6 juta untuk tiga orang peraih nilai tertinggi dalam simulasi ujian tersebut.

Salah satu panitia, Eki, menyebutkan ke depan pihaknya berencana menggelar try out semacam itu lagi. Try out akan kembali digelar menyusul tingginya minat para siswa di Semarang.

“Kami juga akan menyelenggarakan simulasi ujian untuk masuk sekolah-sekolah kedinasan lain, seperti Akpol dan IPDN. Semuanya gratis,” beber Eki.

Berminat gabung dalam kegiatan ini? Untuk bergabung dalam kegiatan try out masuk sekolah kedinasan yang dibiaya negara itu peserta bisa datang ke kantor Rumahles atau Indonesia College. Untuk informasi lebih lanjut terkait Rumahles bisa mengunjungi akun Instagram Rumahles di @rumahles, akun Facebook rumahles atau line di @ytw2197p.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya