Penerbangan Terakhir Denpasar-Wuhan Angkut 81 Penumpang, Pesawat Disemprot Disinfektan
Pesawat Lion Air. (Solopos-dok)

Solopos.com, DENPASAR -- Penerbangan terakhir Lion Air dari Denpasar tujuan Wuhan (Hubei, China) pada Minggu (26/1/2020) mengangkut 81 penumpang dan kembali sebagai ferry flight pada Senin (27/1/2020) dini hari.

Lion Air Group dalam keterangan resminya menyatakan penerbangan tersebut sudah sesuai standar operasional prosedur (SOP) dan dijalankan menurut aturan yang berlaku.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro, mengatakan penerbangan Lion Air rute Denpasar ke Wuhan bertujuan untuk pemulangan tamu atau penumpang dengan membawa tujuh kru dan 81 penumpang.

Sedangkan, penerbangan Wuhan-Denpasar dioperasikan sebagai ferry flight yakni hanya membawa kru dan tidak menerbangkan tamu atau penumpang.

Wuhan China Seperti Zombieland, Orang-Orang Tergeletak di Jalan

Sesuai dengan pemberitahuan resmi otoritas setempat (notam) di Wuhan, lanjut dia, bahwa status bandar udara saat ini hanya diperbolehkan melayani kedatangan (arrival). Sedangkan untuk keberangkatan (departure) dari Wuhan, pesawat tidak membawa penumpang dan hanya sebagai alternatif pendaratan kondisi darurat (emergency landing).

Untuk layanan berikutnya, Lion Air akan melakukan penghentian/pembatalan sementara (suspend) penerbangan internasional pergi pulang (PP) rute Denpasar-Wuhan-Denpasar hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Sementara itu, Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah IV Elfi Amir menambahkan maskapai Lion Air telah tiba di Bandara I Gusti Ngurah Rai pada Senin (27/1/2020) dini hari sekitar pukul 23.38 Wita.

Lion Air Sempat Terbangkan Pesawat ke Wuhan saat Ramai Virus Corona, Hotman Paris Sentil Pejabat

Dia menjelaskan aktivitas penerbangan ke Wuhan sudah dihentikan dan berdasarkan imbauan Kemenhub yang melarang penerbangan ke Wuhan selama sebulan.

"Pesawat membawa 9 orang crew dan 2 orang engineer on board [EoB], tanpa penumpang [ferry flight]. Proses pemeriksaan kesehatan telah dilakukan oleh petugas KKP terhadap 9 orang crew dan 2 orang EOB dan tidak ada suspect terjangkit Corona Virus," kata Elfi melalui pesan WhatsApp, Senin (27/1/2020).

Dia juga mengungkapkan Lion Air telah melakukan penyemprotan cairan disinfektan pada pesawat sesuai prosedur yang berlaku di keberangkatan dan kedatangan sebagai tindakan pencegahan.

Sumber: Bisnis/JIBI


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho