SOLOPOS.COM - Lion Air (JIBI/Bisnis Indonesia/Paulus Tandi Bone)

Penerbangan Solo, Lion Air membuka rute ke Sumatra.

Solopos.com, SOLO — Maskapai Lion Air akan membuka dua rute penerbangan baru dari Bandara Adi Soemarmo Solo ke Sumatra saat Ramadan ini. Saat ini, tiket untuk dua rute tersebut telah dilayani.

Promosi UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi bagi Pemudik di Pekalongan

Area Manager Lion Air Jateng-DIY, Widi Wiyanti, menyampaikan pembukaan rute paling dekat adalah ke Palembang pada Kamis (8/6/2017) yang akan terbang setiap hari pukul 21.05 WIB dari Solo.

Ekspedisi Mudik 2024

Menurut dia, hingga saat ini tarif yang ditawarkan masih tarif promo, yakni Rp458.100 dan harga tersebut bertahan hingga menjelang Lebaran.

“Lebaran biasanya peak season sehingga diharapkan pembukaan rute ini bisa langsung ramai dan banyak orang yang tahu. Namun dua pekan awal Ramadan ini biasanya load factor [tingkat keterisian] kecil karena tidak banyak yang melakukan bepergian di awal Bulan Puasa,” ungkap Widi, Rabu (7/6/2017).

Dia mengatakan penerbangan perdana tidak ada ceremonial khusus pada Kamis karena jadwal keberangkatan malam hari. Lebih lanjut, Widi mengatakan pada 21 Juni nanti Wings Air juga akan mengoperasikan rute Solo-Lampung.

Menurut dia, rute baru ini masih uji coba sehingga penerbangan menggunakan Wings Air dengan kapasitas 72 penumpang. Apabila pasar sudah ramai, tidak menutup kemungkinan akan diubah menjadi Lion Air.

“Jadwal keberangkatan ke Lampung dari Solo pukul 07.05 WIB sedangkan dari Lampung pukul 09.15 WIB. Mulai kemarin [Selasa, 6/6/2017] tiket sudah dijual,” imbuhnya.

Sementara itu, untuk angkutan Lebaran, sudah ada pengajuan jadwal tambahan ke Bandara Soekarno Hatta (Soetta) maupun Bandara Halim Perdana Kusuma. Jadwal tambahan yang diajukan tahun ini lebih banyak jika dibandingkan tahun lalu. Permintaan untuk jadwal reguler pun sudah tinggi, yakni load factor sekitar 70%-80%.

“Kalau sebelum Lebaran yang ramai itu dari Jakarta ke Solo tapi saat arus balik nanti yang ramai dari Solo ke Jakarta dan kami optimistis semua pesawat full,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya