SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)--Penerbangan internasional dari dan ke Solo diprediksi masih menunggu Australia mencabut peringatan Astam yakni peringatan bagi maskapai bahwa debu Merapi dinilai berbahaya bagi aktivitas penerbangan.

Demikian disampaikan Airport Duty Manager Bandara Adi Soemarmo Solo, Edy Martono, kepada Espos, Jumat (19/11).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Seperti diketahui, dua maskapai penerbangan internasional yakni Air Asia rute Solo-Kuala Lumpur serta Silk Air rute Solo-Singapura, sejak Selasa (2/11), menghentikan sementara penerbangannya dari dan ke Solo karena erupsi Merapi membuat kondisi udara dinilai tidak aman untuk penerbangan. Penghentian penerbangan, masih berlanjut hingga akhir pekan ini.

“Setiap hari kami selalu komunikasi dengan kedua maskapai terutama Air Asia. Tapi dari yang bersangkutan belum memberikan kepastian kapan akan terbang lagi. Dimungkinkan, pihak maskapai masih menunggu pihak Australia mencabut peringatan Astam,” kata Edy.

Karena, lanjut Edy, standar yang digunakan adalah dari Australia itu. “Australia belum cabut peringatan itu, jadi penerbangan internasional tetap belum berani terbang. Bahkan, untuk Bandara Adisutjipto Jogja sendiri memperpanjang masa close-nya hingga Sabtu (20/11) ini.”

Edy mengatakan, pada dasarnya saat ini kondisi bandara khususnya di Solo sangat aman untuk aktivitas penerbangan. Bahkan, jika memantau dari internet, dampak erupsi abu Merapi itu tidak lagi ke arah timur. Tetapi lebih condong ke arah laut Hindia.

Seperti diketahui sebelumnya, akses penerbangan di Bandara Adi Soemarmo Solo yang terganggu erupsi Merapi dinilai menjadi penyebab turunnya aktivitas pariwisata di Solo. Hal ini disampaikan Kabid Seni dan Budaya, Dinas Pariwisata dan Kebudayaa (Disparbud) Solo, Mufti Ali, yang memastikan penurunan wisatawan lebih banyak dari wisatawan asing. Sementara, untuk wisatawan domestik dinilai masih bergairah.

haw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya