Penerbangan Indonesia-China PP Sementara Dilarang
WNI yang dievakuasi dari Hubei, China yang tiba di Natuna disemprot desinfektan, Minggu (2/2/2020). (Reuters/Antara)

Solopos.com, JAKARTA — Wabah virus corona yang disebut-sebut berasal dari Wuhan, Provinsi Hubei, China, berdampak banyak. Akibat wabah itu, penerbangan dari Indonesia ke China dan sebaliknya telah dilarang untuk sementara waktu.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyatakan penerbangan dari Indonesia menuju China maupun sebaliknya diberlakukan penundaan sementara. Penundaan penerbangan itu disampaikan Retno usai melakukan rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo di Lanud Halim Perdanakusuma.

Langkah tersebutu diambil untuk mencegah masuknya virus corona yang berasal dari Kota Wuhan di Provinsi Hubei, China. "Penerbangan langsung dari dan ke mainland RRT (Republik Rakyat Tiongkok) ditunda untuk sementara mulai hari Rabu pukul 00.00," ujar Retno seperti dikutip Suara.com, Minggu (2/2/2020).

Selain itu, pemerintah Indonesia telah melarang seluruh pendatang asal China daratan untuk memasuki Indonesia. Retno mengatakan pelarangan itu bersifat sementara.

"Semua pendatang yang tiba dari mainland China dan sudah berada di sana selama 14 hari untuk sementara tidak diizinkan untuk masuk dan melakukan transit di Indonesia," ujar Retno usai rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo di Lanud Halim Perdanakusuma, Minggu (2/2/2020).

Selain memberlakukan larangan masuk, pemerintah Indonesia juga mengehentikan sementara bebas visa di negara China.

"Kebijakan pemberian fasilitas bebas visa kunjungan dan visa on arrival untuk warga negara RRT yang bertempat tinggal di mainland China untuk sementara dihentikan," tegas sang menteri.

Sumber: Suara.com



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom