Penerapan New Normal Dibarengi Pendisiplinan oleh TNI/Polri, Ini Teknis Pelaksanaannya
Presiden Joko Widodo. (Istimewa/BBiro Setpres)

Solopos.com, JAKARTA — Penerapan new normal di Indonesia bakal dibarengi pendisiplinan. Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menempatkan TNI dan Polri di lapangan untuk mendisiplinkan masyarakat.

Jokowi yakin dengan pendisiplinan itu, kurva kasus baru virus Covid-19 di Indonesia akan semakin menurun.

“Kita harapkan nantinya dengan dimulainya TNI dan Polri ikut secara masif mendisiplinkan masyarakat ini, menyadarkan masyarakat, mengingatkan masyarakat, kita harapkan kurva dari penyebaran COVID ini akan semakin menurun,” kata Jokowi di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta Pusat, Selasa (26/5/2020), seperti dikutip Detik.com.

Selamat Datang Era New Normal, Jokowi Cek MRT Jakarta dan akan Buka Mal di Bekasi

Jokowi mengatakan saat ini skala R0 atau nomor reproduksi dasar Covid-19 di beberapa provinsi sudah di bawah 1. Dia berharap nantinya pendisiplinan terhadap masyarakat dapat terus membuat R0 semakin turun.

“Kita melihat R0 dari beberapa provinsi sudah di bawah 1 dan kita harapkan akan semakin hari semakin turun dengan digelarnya pasukan TNI dan Polri di lapangan secara masif,” ujarnya.

Sebelumnya, Jokowi memutuskan bakal menerjunkan aparat TNI-Polri secara lebih masif demi menekan penyebaran Covid-19 di Indonesia. Aparat bakal ditugasi mendisiplinkan masyarakat di lapangan.

10 Berita Terpopuler: Mbah Minto Menangis Ditelepon Bupati Klaten – Jalan ke Tawangmangu Macet

“Memastikan mulai hari ini [Selasa] akan digelar oleh TNI dan Polri pasukan untuk berada di titik-titik keramaian dalam rangka mendisiplinkan, lebih mendisiplinkan masyarakat agar mengikuti protokol kesehatan sesuai PSBB,” kata Jokowi.

Pendisiplinan secara masif ini akan digelar di empat provinsi. Jokowi berharap kurva penyebaran Covid-19 bisa ditekan dengan kebijakan ini.

“Akan digelar di empat provinsi dan 25 kabupaten kota mulai hari ini [Selasa] sehingga kita harapkan kedisiplinan kuat dari masyarakat akan semakin terjaga,” kata Jokowi.

Data Terkini Covid-19 Wonogiri: Positif Dirawat Tinggal 1, PDP 0

Disiplin Pakai Masker

Sementara itu, personel TNI-Polri akan ditugaskan untuk mengawasi kedisiplinan masyarakat memakai masker hingga menjaga jarak aman.

“Pelaksanaan pendisiplinan dilaksanakan secara bertahap, misal sekarang dilaksanakan di tempat lalu lintas masyarakat di stasiun kereta, kemudian siang nanti bapak presiden akan meninjau tempat niaga khususnya adalah food hall di Bekasi,” kata Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Selasa.

Halo Pemudik di Soloraya, Mau Balik ke Jakarta Siap-Siap Ada Penyekatan di 11 Lokasi Ini

Hadi menyebut selanjutnya pendisiplinan juga akan dilaksanakan di tempat yang mendukung kepentingan masyarakat, misalnya di apotek. Masyarakat akan diawasi untuk menjalankan protokol kesehatan.

Hadi menyebut hal pertama yang harus diperhatikan masyarakat dalam pendisiplinan new normal adalah selalu memakai masker. Kemudian masyarakat juga diminta disiplin untuk selalu menjaga jarak dan mencuci tangan di mana pun berada.

“Pertama adalah harus seluruh masyarakat kita awasi supaya tetap memakai masker, masyarakat dalam berkegiatan juga harus menjaga jarak aman, dan ketiga kita siapkan tempat mencuci tangan atau ala sanitizer, mudah-mudahan dengan kegiatan ini tahap pertama bisa berjalan dengan baik,” jelas dia.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho