SOLOPOS.COM - ILUSTRASI (JIBI/SOLOPOS/Dok)

Penerangan jalan umum di Klaten digelontor anggaran Rp4 miliar.

Solopos.com, KLATEN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten mencairkan dana senilai Rp4 miliar untuk memasang lampu penerangan jalan di berbagai daerah di Kota Bersinar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selain mempercantik wilayah, pemasangan lampu penerangan jalan itu juga untuk memberikan kenyamanan warga saat berkendara di malam hari.

Ekspedisi Mudik 2024

Kepala Bidang (Kabid) Kebersihan dan Pertamanan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Klaten, Juwito mengatakan pemasangan lampu penerangan jalan dilakukan secara bertahap.

Anggaran Rp4 miliar itu hanya mencakup di beberapa kawasan, seperti di Jl. Tegalgondo-Janti; kawasan Kalikebo, Trucuk; dan di beberapa lokasi lainnya di Klaten.

“Lampu yang kami pasang jenis LED. Harganya memang mahal, tapi kualitasnya bagus dan tahan lama [harga per unit lampu bisa mencapai Rp3 juta]. Selain membeli lampu, kami juga menyediakan tiangnya,” kata Juwito saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Senin (19/10/2015).

Juwito mengatakan hingga saat ini, Pemkab Klaten sudah memasang hampir 5.000-an unit di berbagai lokasi di Klaten. Lampu-lampu itu dirawat DPU Klaten dengan menggandeng 100-an tenaga harian lepas (THL).

“Kalau Klaten ingin terang di malam hari, anggarannya membutuhkan Rp40 miliar. Lantaran tak mungkin menyediakan anggaran itu [keterbatasan dana], kami lakukan skala prioritas,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya