SOLOPOS.COM - Ilustrasi penerangan jalan umum (JIBI/Solopos/Antara/Lucky.R)

Pada anggaran 2016 ini Dishub Bantul telah memasang setidaknya sepuluh PJU di Jalan Pundong.

Harianjogja.com, BANTUL- Pemasangan Lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bantul di sepanjang jalan sempalan Pundong akan dilakukan secara bertahap. Pada anggaran 2016 ini Dishub Bantul telah memasang setidaknya sepuluh PJU di Jalan Pundong.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Sub Bagian (Kasubag) Perencanaan Dishub Bantul, Agung Kurniawan mengatakan, untuk sepuluh titik tersebut memang belum menyeluruh kesemua jalan Pundong, namun ia menjelaskan PJU dijalan tersebut akan ditambah terus secara bertahap

“Kalau diperencanaan PJU akan dipasang dari Sempalan pundong sampai Jembatan Soko yang baru itu, dalam pemasangan PJU kami utamakan untuk jalan yang menjadi kewenangan milik kabupaten terlebih dahulu,” katanya, Jumat (22/7).

Dikatakannya kemudian karena sudah menjadi jalur alternative menuju Pantai Parangtritis, sehingga ke depan pemasangan PJU juga akan menyasar hingga Jalan Kretek. Namun demikian sepuluh titik PJU yang sudah terpasang di jalur alternative Pundong, pihak Dishub menilai hal tersebut juga masih belum cukup untuk menerangi ruas jalan primer milik kebupaten itu.

Menurut Agung, pihaknya memang belum menghitung secara pasti berapa jumlah PJU yang harus dipasang di jalur tersebut. “ Yang jelas aturannya, PJU dipasang setiap jarak 50meter. Dengan demikian untuk jalur Pundong memang masih perlu ditambah,” ujarnya.

Dari sepuluh PJU yang sudah dipasang oleh Dishub, tujuh diantaranya dipasang mulai dari barat yakni di Jalan Parangtritis ketimur, kemudian untuk tiga PJU dipasang di jalur sempalan pundong sebelah timur di dekat jembatan Soko yang dinilai rawan dengan kecelakaan pada malam hari.

Agung menambahkan, pemasangan lampu PJU di jalur sempalan Pundong tersebut merupakan salah satu program dari Dishub untuk pemasangan PJU di seluruh wilayah Bantul dengan total sebanyak 378 lampu PJU dengan anggaran tahun 2016 yan terdiri atas 169 PJU dengan lampu konvensional atau bohlam, dan 209 PJU dengan LED.

Sementara untuk anggaran dalam pelaksanaan pemasangan PJU ini Dishub menganggarkan sebanyak total Rp 5,4 miliar, dengan masing-masing Rp 1,9 miliar untuk PJU Konvensional, dan Rp 3,5 miliar untuk PJU menggunakan LED.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya