SOLOPOS.COM - Peledakan kapal illegal fishing di perairan Bitung, Rabu (20/5/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Fiqman Sunandar)

Penenggelaman kapal asing pelaku illegal fishing akan diledakkan.

Solopos.com, JAKARTA – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berencana melakukan penenggelaman delapan kapal yang akan dilaksanakan di tiga titik, yakni Aceh, Batam, dan Pontianak pada Senin-Selasa (19 – 20/10/2015).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kapal yang akan ditenggelamkan tersebut adalah kapal yang tertangkap oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) maupun TNI AL dalam patroli pada bulan Maret 2015-Juni 2015. Kapal tersebut dirampas untuk ditenggelamkan sesuai dengan amanah undang-undang.

Menurut Mahkamah Agung, KKP dapat menenggelamkan kapal tangkapan selama kapal tersebut belum dilaporkan atau diajukan ke pengadilan. Kapal-kapal tersebut di antaranya dua kapal berbendera Thailand dan enam kapal berbendera Vietnam.

“Untuk mempercepat mata rantai ini dan memang semangat pertama pemerintahan Jokowi itu untuk langsung penenggelaman sesuai dengan amanah undang–undang” ungkap Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dalam konferensi pers di Jakarta Jumat (15/10/2015).

Dalam kesempatan yang sama, seperti diberitkan laman kkp.go.id, Jumat, ia juga mengungkapkan penangkapan kapal tanker MT. Galuh Pusaka dan MT. Mascott II. Keadaan kapal Tanker MT. Galuh Pusaka saat ditemukan di perairan Tarempa, Anambas Kepulauan Riau pada tanggal 30 Juni 2014 tanpa awak dan ruang mesin yang tidak berfungsi.

“Kapal ini diduga melakukan phantom ship dengan tujuan untuk mendapatkan klaim asuransi perusahaan. Sedangkan kapal MT. Mascott II ditangkap di Laut Cina Selatan karena diduga membawa muatan bahan bakar minyak tanpa dilengkapi dokumen yang sah. Saat ditangkap MT.Mascott II membawa solar sebanyak 253 ton”, papar Susi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya