SOLOPOS.COM - Tulang yang ditemukan di kompleks Gedung Kesbanglinmas DIY. (Detikfoto)

Harianjogja.com, JOGJA—Belasan potongan tulang ditemukan di selatan gedung Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat (Kesbanglinmas) DIY dan diperkirakan merupakan tulang manusia.

Ini menjadi temuan kedua kalinya di sekitar gedung yang berada di seputaran Jalan Sudirman, Jogja tersebut.

Promosi Ijazah Tak Laku, Sarjana Setengah Mati Mencari Kerja

Tulang belulang yang ditemukan Sabtu (10/5/2014) oleh tukang gali dari kontraktor rekanan Kesbanglinmas DIY tersebut, berada tepat di sebelah selatan sisi kiri gedung.

Temuan tulang itu berawal dari petugas SAR Linmas DIY yang sedang menjalankan piket malam. “Saya mendapat laporan dari rekan saya yang piket malam. Sabtu siang ada tukang gali yang menemukan tulang tersebut. Karena takut, tukang itu pulang sebelum jam kerja selesai,” ungkap Septian Tri Nugroho, anggota satuan bantuan operasional Linmas DIY, Minggu (11/5/2014).

Kemudian, lanjut Septian, tulang belulang dalam kondisi terpisah itu, ditemukan dalam satu lubang sedalam 1,5 meter, berukuran 1 x 1 meter.

“Diperkirakan ada belasan potong tulang, dengan dua tulang paling besar, sepertinya tulang kaki. Ada empat tulang yang bentuknya menyerupai tulang kering. Sisanya, seperti potongan-potongan sendi, seperti potongan tulang belakang, pokoknya tulangnya tidak komplet,” paparnya lagi.

Lokasi penemuan tulang tersebut, sedianya digali sebagai persiapan pembuatan fondasi untuk keperluan pembangunan lahan parkir kantor.

Diperkirakan Dwi Suryana, PNS di Kesbanglinmas DIY  penemuan tersebut merupakan penemuan kedua kalinya, “Dulu pernah ada juga [tulang belulang], namun tidak dilaporkan kepada siapapun. Hanya kepada orang pintar. Kemudian dipindahkan dan dimakamkan, tapi sudah lama itu. Letaknya, dari penemuan saat ini agak ke utara lagi,” papar Dwi Suryana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya